Sukses

Anies Baswedan: 20 Persen Ekonomi RI Berada di Jabodetabek

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, BKSP Jabodetabekjur harus mampu selesaikan tantangan pembangunan di tiga provinsi.

Liputan6.com, Serang - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut 20 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia beradal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Oleh karena itu, perlu kerja sama untuk pengembangan transportasi, sosial, ketenagakerjaan, dan sumber daya air.

"20 persen GDP kita berada di Jabodetabek. Pengembangan dalam aspek transportasi, sosial, ketenagakerjaan, kemudian pengelolaan tata ruang dan sumber daya air, perlu kerja sama dan bekerja sama," kata Anies, usai dilantik menjadi Ketua Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur, di Pendopo Gubernur Banten, Serang, Senin (8/1/2018).

Organisasi yang telah berumur 42 tahun itu, Anies menilai, harus mampu menyelesaikan berbagai macam tantangan pembangunan di tiga provinsi, antara lain Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

"Jadi kita semua harus melihat bukan dalam kepentingan konteks daerah masing-masing. Negaranya sama, undang-undang sama, karena wajib kita bekerja sama," ujar dia.

Sedangkan Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), siap membantu masalah banjir, transportasi, hingga penyediaan air bersih secara terpadu.

"Di Tangerang (Banten), banyak yang kerja di Jakarta, bayar pajak di Jakarta, tapi mandi, tidur dan buang air di Tangerang, mungkin ke depannya ada yang bisa kita bicarakan, untuk win win solution," kata WH, di tempat yang sama.

Bahkan, persoalan keamanan pun akan dibahas oleh Anies Baswedan dan WH, seperti wilayah hukum Tangerang Raya yang masih di bawah Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. "Di Tangerang Raya, Poldanya, Pangdamnya, ikut Jakarta. Ini biar kita bisa bicarakan bagaimana baiknya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Baswedan Jadi Ketua BKSP Jabodetabekjur

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menjabat sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta Bogor Depok Bekasi dan Cianjur (Jabodetabekjur). Anies menjabat untuk periode 2017-2020.

"Kami dari awal merasakan, tidak bisa wilayah yang berdekatan tidak saling support, tidak saling bekerja sama, saling bekerja sendiri sendiri," kata Anies Baswedan usai dilantik menjadi Ketua BPKS Jabodetabekjur di Pendopo Gubernur Banten, Serang, Senin, 8 Januari 2018.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menerima tongkat estafet kepemimpinan Kepala BKSP dari Gubernur Banten yang telah menjabat sejak 2014-2017.

Usai terpilih, Anies menjanjikan pembangunan merata di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sehingga dibutuhkan koordinasi yang baik antar pemerintah.

"Harusnya tidak ada bedanya kelurahan A dengan kelurahan B. Harusnya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, bisa kita lakukan bersama-sama," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.