Sukses

Bursa Asia Naik Tipis Dekati Rekor Tertinggi

Liputan6.com, Tokyo Bursa Asia naik tipis mendekati rekor tertinggi usai indeks S&P 500 mencatat kenaikannya. Sementara dolar menguat terhadap sejumlah mata uang utama.

Melansir laman Reuters, Selasa (9/1/2018), indeks MSCI saham Asia-Pasifik di luar Jepang menguat 0,1 persen ke level 590,23. Angka ini tidak jauh dari rekor puncaknya yang berada di 591,50 pada November 2007.

Di Wall Street, Dow Jones Industrial Average tercatat turun 0,05 persen. Sedangkan indeks S&P 500 menguat 0,17 persen, dan Nasdaq Composite bertambah 0,29 persen.

Setelah pasar menggapai awal terbaik dalam setahun di lebih dari satu dekade, investor kembali berbalik berhati-hati menjelang laporan pendapatan perusahaan.

Indeks saham Nikkei Jepang naik 0,8 persen ke tingkat tertinggi sejak November 1991, menyusul kenaikan sesi sebelumnya karena pasar dibuka kembali setelah liburan pada hari Senin.

Sementara itu, indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang enam mata uang utama, stabil di level 93,348 pada hari ini.

Adapun Euro stabil di posisi US$ 1,1967, tidak jauh dari level tertinggi hampir empat bulan pada hari Kamis sebesar US$ 1,2089 . Terhadap yen, dolar naik tipis 0,1 persen menjadi 113,14.

Penguatan dolar didasari investor yang memprediksi suku bunga AS akan naik lebih lanjut setelah rilis data gaji pada Jumat lalu, tidak memberikan ganjalan pada kemungkinan pengetatan kebijakan moneter oleh Federal Reserve A.S.

Sementara pertumbuhan pekerjaan melambat lebih dari perkiraan. Kenaikan gaji bulanan menunjukkan kekuatan di pasar kerja.

"Secara umum, dilihat dalam konteks, ini masih merupakan pasar kerja yang cukup kuat," kata Bill Northey, Kepala Investasi US Bank di Helena, Montana.

Artikel Selanjutnya
Rekor Sepanjang Masa, Kapitalisasi Pasar BEI Capai Rp 7.189,82 T
Artikel Selanjutnya
Sehari Usai Ambruknya Balkon BEI, IHSG Dibuka Menghijau