Sukses

Wall Street Cetak Level Tertinggi Imbas Kenaikan Harga Minyak

Kenaikan harga saham emiten maskapai dan harga minyak jadi katalis positif untuk wall street.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street mencetak level tertinggi baru didorong saham energi lantaran harga minyak yang menguat.

Katalis positif lainnya juga didorong dari prediksi kinerja Delta Air Lines sehingga mendorong kenaikan harga saham maskapai.Pada penutupan perdagangan saham Kamis (Jumat pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 205,6 poin atau 0,81 persen ke posisi 25.574,73. Indeks saham S&P 500 bertambah 19,33 poin atau 0,70 persen ke posisi 2.767,56. Indeks saham Nasdaq bertambah 58,21 poin atau 0,81 persen ke posisi 7.211,78.

Sektor saham energi S&P naik lebih dari dua persen seiring harga minyak naik di atas US$ 70 per barel untuk pertama kali sejak Desember 2014. Hal itu didorong dari produksi AS merosot dan pasokan rendah. Sedangkan indeks industri naik dibantu saham maskapai usai prediksi kenaikan kinerja Delta Air Lines.

"Fator dorong kenaikan hari ini dan selama sepekan yaitu kepercayaan tinggi terhadap laju aktiivtas ekonomi. Ini membantu menjelaskan gambaran permintaan minyak yang naik di atas US$ 70," ujar Scott Clemons, Chief Investment Strategies Brown Brothers Hariman, seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (12/1/2018).

Pada perdagangan kemarin, wall street melemah untuk pertama kali pada 2018. Ini didorong laporan China akan memperlambat pembelian obligasi dan Presiden AS Donald Trump akan akhiri perjanjian perdagangan.

Kini investor fokus pada laporan keuangan perusahaan secara kuartalan dari perusahaan besar AS. Selain itu juga berharap mengenai dampak dari reformasi pajak terhadap perusahaan. Adapun perusahaan yang akan melaporkan kinerjanya antara lain JP Morgan Chase and Co dan Wells Fargo and Co.

Laba perusahaan masuk S&P 500 diharapkan naik 11,8 persen dengan kenaikan terbesar dari sektor energi. "Pasar pada pekan ini seperti mengambil nafas panjang sebelum hadapi laporan kinerja perusahaan. Pelaku pasar wait and see dengan optimisme terhadap laporan keuangan yang sehat," ujar Clemons.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saham Maskapai Dorong Penguatan

Saham Delta Air Lines naik 5,96 persen usai perseroan diprediksi catatkan keuntungan besar usai AS memangkas pajak korporasi. Ini dapat membuat perseroan punya kas dan meningkatkan bisnis travel seiring perseroan akan habiskan dana dari pemangkasan pajak.

Kenaikan harga saham Delta membantu indeks maskapai AS Dow Jones naik lima persen. Indeks sektor saham transportasi Dow Jones naik 2,3 persen, dan catatkan penguatan terbesar sejak 29 November.

"Anda melihat rotasi saham yang berlanjut. Ini akan berkaitan dengan ekonomi," ujar Michael Antonelli, Direktur Pelaksana Robert W.Baird.

Saham Xerox naik lima persen usai Wall Street Journal melaporkan perseroan membuat kesepakatan dengan Fujifilm Holdings. Data ekonomi AS juga pengaruhi pelaku pasar dengan klaim pengangguran untuk pertama kali naik dan harga produsen turun untuk pertama kali dalam 1,5 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.