Sukses

Tak Mau Alami Krisis Keuangan? Jangan Lakukan Hal Ini!

Berikut empat hal yang harus dihindari karena dapat membuat keuangan Anda berantakan di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Seringkali orang tidak berpikir jangka panjang dalam mengelola keuangan. Ada berbagai faktor penyebabnya, sala satunya gaya hidup bisa menjadi salah satu faktor yang membuat Anda terjebak dalam hutang.

Sama seperti Anda, orang-orang yang sekarang sudah sukses secara finansial memulai perjuangan mereka dari bawah. Pundi-pundi yang mereka hasilkan tidak jatuh begitu saja dari angkasa, namun diperoleh dengan keringat dan kerja keras. Karena sudah bekerja keras, tentu mereka tidak mau begitu saja kehilangan harta yang sudah susah-payah mereka kumpulkan.

Berikut empat hal yang harus dihindari karena dapat membuat masa depan keuangan Anda berantakan seperti yang dikutip dari Laruno.com:

1. Gaya Hidup yang Melebihi Kemampuan

Gaya hidup yang tidak sesuai dengan pemasukan dapat membuat masalah pada keuangan Anda. Terapkan gaya hidup sederhana jika Anda tidak ingin keuangan Anda terganggu.

2. Menunda untuk Menabung

Banyak orang yang merasa menabung belum menjadi prioritas karena masih berada di usia yang terbilang muda. Hati-hati, membuang-buang waktu untuk menabung berarti Anda membuang banyak uang. Maka, usahakan untuk menabung sejak masih muda dan tidak menunda hingga beranjak tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hidup di Tengah Hutang

Apakah Anda punya kebiasaan untuk menunggak hutang? Sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan menunggak tersebut. Selalu menumpuk hutang juga dapat membuat Anda kesulitan dalam membayarnya. Akibatnya Anda akan hidup dikejar hutang terus menerus. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan mulailah membayar hutang.

4. Menjadikan Rumah Sebagai Jaminan Pinjaman

Memanfaatkan rumah Anda untuk menggelar pernikahan, membayar biaya kuliah, atau membeli produk mahal dapat menjadi salah satu masalah keuangan di masa depan. Jika Anda tidak bisa membayarnya, rumah Anda berisiko disita dan tak ada satupun yang tersisa.

Kelola keuangan Anda dengan bijak dan tepat, jangan menerapkan gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan Anda. Menunda kesenangan terlebih dahulu baru bersenang-senang kemudian. Semoga bermanfaat.

 

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik tdwuniversity.com

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.