Sukses

6 Hobi yang Bisa Hasilkan Pundi-Pundi Uang

Kira-kira, jenis hobi apa saja yang sangat memiliki potensi untuk mampu menghasilkan uang untuk Anda? Berikut ulasannya

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah hobi atau kegemaran saat ini memang bukan hanya berguna untuk kegiatan senang-senang semata. Jika Anda mampu mengenali dan memahami secara mendalam hobi yang Anda tekuni, tentu hal ini akan membuat Anda bisa membuka bisnis.

Perkembangan teknologi merupakan jalan dan akses yang kemudian menjadikan beberapa hobi kini menjadi sebuah aktivitas yang mampu menghasilkan uang.

Lalu, jenis-jenis hobi apa saja yang sangat memiliki potensi untuk mampu menghasilkan uang untuk Anda? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Laruno.com:

1. Hobi Web Designer

Saat ini, kebutuhan akan media website yang semakin tinggi ini membuat permintaan jasa web designer akan selalu diperlukan. Hal ini diperkuat dengan sebuah fakta bahwa tidak semua orang yang mampu mendesain website dengan baik.

Salah satu sosok yang telah sukses menjalankan hobi ini adalah Mark Zukeberg dengan Facebooknya dan Jack Dorsey dengan Twitternya. Proyek pengerjaan desain web ini cukup menjanjikan karena dalam satu kali proyek, pekerja bisa meraih untung hingga jutaan rupiah.

2. Hobi Fotografi

Jika Anda sangat hobi jeprat-jepret dengan kamera, maka Anda bisa mengembangkan kegemaran Anda tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Sajian foto yang bagus memang akan selalu dibutuhkan orang untuk keperluan konten media cetak atau media online.

Foto yang bagus juga banyak dibutuhkan untuk keperluan foto pre-wedding atau dokumetasi untuk acara-acara tertentu. Tentu untuk bisa mendapatkan uang dari bisnis ini Anda harus memiliki ilmu fotografi yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hobi Menulis

Jangan remehkan hobi yang satu ini. Hobi menulis yang dijalankan dengan serius bisa mengantarkan sang penulis menuju puncak kesuksesan.

Salah satu sosok yang telah mencapai hal ini adalah JK. Rowling, penulis terkaya di dunia yang menerbitkan karya novel dan film fenomenal Harry Potter. Banyaknya media yang bisa dijadikan akses untuk menghasilkan uang dari hobi ini menjadi dasar besarnya peluang menjadi penulis yang produktif.

4. Hobi Desain Grafis dan Editing

Sama halnya seperti web designer, seorang desain grafis serta editing grafis dan video mampu meraih untung besar dengan menjual jasanya kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan kemampuannya.

3 dari 4 halaman

5. Hobi Membuat Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu bidang kreatif yang saat ini banyak disorot karena potensi besarnya untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang besar. Permintaan terhadap produk-produk bernilai seni tinggi yang selalu tinggi inilah yang membuat para pekerja seni selalu bersemangat untuk membuat kerajinan yang baik dan disukai pembeli.

Bukan hanya pasar dalam negeri yang menginginkan produk kerajinan ini, namun pasar luar negeri pun tak ketinggalan memesan produk kerajinan ini. Maka hobi dan skill membuat kerajinan harus selalu Anda tingkatkan untuk bisa menjadikan Anda memperoleh banyak keuntungan dan penghasilan.

4 dari 4 halaman

6. Hobi Memasak

Jenis hobi terakhir yang bisa menghasilkan uang adalah memasak. Sama seperti hobi membuat kue, memasak memiliki peluang besar untuk sukses karena dunia kuliner yang sedang tumbuh bagus di Indonesia. Maka dari itu, cobalah membuat resep terbaik Anda dan coba tawarkan pada orang-orang terdekat Anda.

Jika respon mereka positif, maka jangan ragu untuk memperluas pasar dengan menjualnya ke orang-orang pecinta kuliner di luar sana. Dengan hobi memasak ini, Anda bisa membuat warung masakan di sekitar rumah, atau menawarkan pesanan masakan untuk acara-acara syukuran dan lain sebagainya.

 

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik tdwuniversity.com

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini