Sukses

Trik Jitu Bebaskan Kekhawatiran Saat Bekerja

Mungkin ada sejumlah kebiasaan buruk seperti terlalu banyak khawatir yang dapat menganggu karier dan kehidupan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin ada sejumlah kebiasaan buruk seperti terlalu banyak khawatir yang dapat menganggu karier dan kehidupan Anda. Banyaknya berpikir yang terus menerus menyebabkan kekhawatiran tanpa henti.

Bahkan hal tersebut dapat membuat Anda jadi stagnan dan berhenti ambil peluang bagus saat berkarier. Hal itu lantaran kekhawatiran Anda tidak memenuhi harapan.

Analisa berlebihan juga membuat Anda fokus pada hambatan dan menunda tindakan yang diperlukan untuk berkembang. Menurut penulis dan psikolog Susan Nolen Hoeksema menuturkan, perempuan secara signifikan lebih mungkin berpikir secara berlebihan ketimbang pria. Sekitar 57 persen perempuan merupakan sosok yang suka berpikir berlebihan.

Ada sejumlah kunci untuk memulihkan Anda dari dorongan untuk fokus pada kesempurnaan. Ini juga yang akan membantu Anda mengatasi kebutuhan untuk terus memikirkan nilai Anda secara berlebihan, seperti dikutip dari laman Inc, Selasa (16/1/2018):

1. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Berdasarkan Psychology Today, seseroang menentukan nilai sosial dan pribadi berdasarkan bagaimana sosok tersebut membandingkan dengan orang lain. Apalagi di era sekarang, perbandingan mengarah pada pemikiran yang berlebihan dan membatasi nilai kemajuan.

Mengukur kualifikasi dan kualitas Anda terhadap orang lain akan mendukung ketakutan dan ketidakamanan sendiri. Sebaiknya fokus pada kualitas terkuat Anda ketimbang membandingkan dengan orang lain.

2. Kelilingi diri Anda dengan pemimpin yang percaya pada Anda

Mudah untuk mengatakan agar percaya pada diri sendiri. Namun, berpikir berlebihan, khawatir serta pendapat orang lain dan kelompok dapat memberikan Anda tekanan. Coba berhenti untuk berpikir berlebihan. Kelilingi diri Anda dengan lingkungan pekerjaan yang mendukung secara tulus dan percaya kepada Anda.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baca

3. Baca

Kekhawatiran dan keraguan adalah perilaku yang ditimbulkan sendiri. Oleh karena itu sebaiknya hindari semua gangguan. Kemudian baca biografi para pemimpin yang hebat untuk ilhami Anda menjalani hidup yang terbaik. Serta percaya pada diri sendiri.

Coba baca karya buku seperti Deepak Chopra, Malcom Gladwell, Bapoleon Hill, Tony Robbins. Dengan membaca memberikan Anda informasi dan memberikan strategi untuk mengembangkan diri Anda.

4. Mencoba

Cara terbaik untuk atasi kebiasaan berpikir berlebihan dan ragu dengan mengambil risiko dan mencoba. Cara terbaik memenangkan pikiran berlebihan dengan mencoba melawannya.

5. Latihan

Tak ada yang sempurna. Coba untuk berlatih untuk sesuatu yang Anda kerjakan. Kemudian coba untuk lebih menerima diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.