Sukses

Pemerintah Siapkan Rp 2,5 Triliun Buat Jaga Stok Beras di 2018

Perum Bulog masih memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari sisa tahun anggaran 2017 kurang lebih 150 ribu ton.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog masih memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari sisa tahun anggaran 2017 kurang lebih 150 ribu ton. Selain itu, Bulog juga telah menyiapkan anggaran guna menambah stok beras di tahun ini.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso atau yang akrab disapa Wawan mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran khusus untuk menambah stok CBP pada tahun ini.

"Kalau ada kekurangan (CBP), pemerintah sudah menyertakan anggaran untuk melakukan penambahan stok senilai Rp 2,5 triliun pada 2018 ini," tukasnya di kantor Kemenko PMK di Jakarta pada Selasa (16/1/2018).

"Dengan dana sebesar itu, dapat dilakukan penambahan CBP kurang lebih sebesar 270-300 ribu ton," tambah Wawan.

Dia juga menegaskan, uang itu digunakan hanya untuk penambahan stok CBP, bukan untuk hal lain semisal impor beras yang rencananya akan didatangkan dari Thailand dan Vietnam.

"Anggaran itu hanya digunakan untuk CBP 2018. Kalau Rp 2,5 triliun itu dicairkan ke Bulog, maka akan tambah lagi Cadangan Beras Pemerintah, sekitar 400 ribu ton lebih lah," tuturnya.

Ketika ditanya mengenai stok sisa beras dari 2017 yang sebesar 150 ribu ton itu, dia belum bisa berkata lebih banyak. "Tergantung nanti kebutuhan pemerintah, untuk operasi pasar berapa, bencana alam berapa, pemerintah yang mengaturnya," jelas Wawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.