Sukses

Ingin Kerja Produktif dari Rumah? Ikuti Tips Berikut

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas bagi Anda yang bekerja dari jarak jauh, terutama di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun telah berganti, ini artinya lembaran baru telah dimulai. Dari resolusi baru yang dibuat, kebanyakan orang tentu ingin menjadi lebih baik terutama di kariernya, entah ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, naik gaji, atau naik jabatan.

Lalu, bagaimana cara mewujudkan harapannya tersebut?

Salah satu cara yang dapat dicoba untuk lebih baik di karier Anda adalah dengan meningkatkan produktivitas kerja. Produktivitas tak hanya dibutuhkan saat di kantor, namun juga dibutuhkan saat bekerja dari jarak jauh sekalipun, termasuk di rumah.

Menambah produktivitas pun juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti bekerja di ruangan yang produktif, memiliki barang yang dapat mendukung kinerja kerja, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas bagi Anda yang bekerja dari jarak jauh, terutama di rumah? Melansir laman Cheatsheet.com, Kamis (18/1/2018), berikut beberapa tips untuk dapat bekerja produktif dari rumah:

1. Jangan bekerja di tempat tidur

Meski sebuah studi melaporkan bahwa 80 persen profesional muda bekerja dari tempat tidur, namun sesungguhnya hal ini bukanlah ide bagus. Anda sebaiknya tetap bekerja dari meja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bekerja pintar untuk produktivitas yang lebih baik

Atur daftar tugas Anda ke dalam daftar tugas yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat waktu. Ini akan membuat Anda tetap fokus selama 25 menit dengan 5 menit istirahat.

3. Pisahkan ruangan kerja Anda dari ruangan lain

Memiliki ruangan kerja sendiri dapat membantu Anda lebih fokus dan dapat mudah bertemu dengan klien-klien penting. Selain dapat meningkatkan produktivas, ruangan kerja dapat mudah memisahkan antara kepentingan kerja dengan keluarga.

3 dari 5 halaman

4. Miliki meja dan kursi yang bagus dan nyaman

Jika Anda berencana menghabiskan banyak waktu di meja kerja, ada baiknya untuk memiliki meja dan kursi yang bagus dan nyaman.

Coba miliki sebuah kursi yang dapat diatur tinggi-pendeknya, sehingga dapat mudah menyesuaikan tempat duduk yang nyaman. Selain itu, juga coba milikilah meja yang nyaman dan kuat.

5. Hidupkan lampu untuk produktivitas yang lebih baik

Jika Anda bekerja di kantor, Anda tentu akan tahu bahwa kantor memiliki penerangan dua kali lebih banyak yang diperlukan dan terlalu banyak berasal dari satu sumber. Padahal, menurut Michael Helander, salah satu pendiri OTI Lumionics, mengatakan bahwa hal tersebut justru dapat menyebabkan kelelahan pada mata.

Spruce merekomendasikan untuk menghindari cahaya langsung di atas ruang kerja Anda, yang menyebabkan silau dan bayangan yang keras. Sebagai gantinya, cobalah mengkombinasikan antara lampu lantai dan lampu di atas ruang kerja, kemudian pikirkan dari mana asal cahaya Anda. Penerangan yang membaur, atau cahaya memantul di sekitar ruangan, terlihat paling alami dan menciptakan lingkungan yang paling menenangkan.

4 dari 5 halaman

6. Anda memerlukan sistem pengarsipan jika Anda bekerja dengan banyak kertas

HGTV merekomendasikan untuk memprioritaskan file Anda ke dalam tiga jenis, yaitu Action, Basic, dan Classic. Laci file tindakan (Action) harus berisi yang paling Anda gunakan secara teratur, termasuk korespondensi dan barang harian atau mingguan lainnya. File dasar (Basic) bisa menyimpan catatan medis Anda, seperti laporan kartu kredit, dan item lainnya yang Anda gunakan setiap bulan atau lebih. Sedangkan dalam file Classic, tempatkan item yang harus Anda simpan tapi jarang digunakan, seperti dokumen keuangan dan real estat.

Dengan demikian, tentu akan memudahkan Anda dalam menemukan dokumen-dokumen yang Anda perlukan dan tentunya akan membuat ruang kerja terlihat lebih rapi.

7. Pakai alat yang dapat membantu meminimalkan kekacauan teknis

Kabel komputer, printer, atau yang lainnya jika tidak dirapikan tentu akan terlihat semerawut bukan? Selain tak enak dipandang, kabel-kabel yang dibiarkan melilit dapat merusak barang Anda. Oleh karenya, ada baiknya untuk mengikat kabel-kabel tersebut dengan menggunakan karet atau tali agar tidak terlihat semerawut dan agar barang Anda lebih tahan lama.

5 dari 5 halaman

8. Letakan beberapa tanaman dan beberapa souvenir untuk mendapatkan kenyamanan yang optimal

Sama seperti ruangan yang lain, pastikan ruang kerja Anda sesuai dengan kepribadian Anda, seperti memajang foto keluarga Anda, lukisan, atau yang lainnya.

Selain itu, Anda dapat menambahkan sebuah tanaman agar dapat meningkatkan produktivitas Anda sebesari 15 persen. Ini dikarenakan tanaman dapat meningkatkan kepuasan kerja, meningkatkan konsentrasi, dan dapat menciptkan udara yang baik.

Ingatlah untuk membeli beberapa tanaman yang dapat ditempatkan di ruang kerja Anda dan pastikan untuk tidak lupa menyiramnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini