Sukses

Siapa yang Boleh Beli Rumah Susun DP 0 Rupiah?

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan benar-benar mewujudkan janji kampanyenya membangun rumah dengan uang muka (down payment/DP) 0 rupiah. Hunian bernama Klapa Village terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Namun, ada syarat bagi masyarakat yang boleh memiliki rumah tersebut.  

"Skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) Insya Alah bisa dijangkau warga dengan penghasilan di bawah Rp 7 juta," jelas Anies saat melakukan peletakan baru pertama Klapa Village di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Dia mengatakan, janji Rumah DP nol rupiah diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami). Keberadaannya, akan memfasilitasi semua warga untuk memiliki rumah serta bentuk komitmen pelunasan janji saat kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Ia mengaku mempunyai alasan menyebut rumah DP 0 rupiah sebagai janji. Anies menjelaskan ada perbedaan antara janji dan progam.

"Kami bukan menyebut program, karena janji harus dilunasi. Kalau program di akhir bisa mohon maaf. Kalau janji adalah komitmen," kata Anies. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi dan Harga Rumah DP 0 Rupiah

Rusunami DP nol rupiah ini bernama Klapa Village yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pembangunan Sarana Jaya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), bertugas membangun rusun DP nol rupiah.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, rumah ini terdiri dari 2 tower. Pembangunannya diperkirakan memakan waktu 1,5 tahun.

Tahap pertama dibangun satu tower terdiri 703 unit. Kontraktor pembangunan adalah Totalindo Tbk.

“Terdiri dari 513 tipe 36 dengan harga Rp 320 juta dan 195 unit tipe 21 dengan harga Rp 185 juta,” katanya.

Pemprov DKI menganggarkan dana Rp 800 miliar untuk program DP 0 rupiah. Anggaran tersebut untuk peruntukan pembelian lahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.