Sukses

Kemenhub Operasikan Lima Kapal Ternak pada 2018

Kemenhub menyatakan pengoperasian kapal ternak untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pengangkutan ternak.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menambah pengoperasian kapal ternak pada 2018. Saat ini, lima unit kapal ternak baru dibangun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo mengatakan, pengoperasian kapal ternak ini bertujuan meningkatkan efektivitas kegiatan pengangkutan ternak, serta untuk mendukung program ketahanan pangan, khususnya di bidang swasembada daging sapi di Indonesia.

"Hal ini juga bertujuan untuk menurunkan harga daging sapi sekaligus menjaga kualitas dari daging sapi itu sendiri,"‎ kata Agus, di Jakarta, Sabtu (20/1/2018).

Agus melanjutkan, dalam rangka mendukung ketahanan pangan di Indonesia, khususnya swasembada daging, sejak 2015 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut membangun lima unit kapal ternak. Pembangunan kapal itu akan selesai pada semester I 2018 dengan total anggaran Rp 295,5 miliar.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan terus mendukung program ketahanan pangan yang merupakan program unggulan pemerintah Jokow-JK, khususnya di bidang swasembada daging sapi melalui penambahan kapal ternak dan penambahan rute," papar Agus.

Agus menuturkan, kapal dilengkapi dengan fasilitas yang memang dibuat khusus untuk mengangkut hewan ternak. Sebelumnya, pengangkutan menggunakan kapal kargo biasa yang tidak diperuntukkan khusus untuk sapi membuat hewan mamalia itu cenderung stres dan kurang terawat.

‎Untuk operator kapal ternak akan dilaksanakan melalui mekanisme penugasan dan pelelangan umum kepada badan usaha milik negara atau perusahaan pelayaran nasional (swasta).

"Satu hal yang perlu diperhatikan terkait penyelenggaraan kapal ternak adalah pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah sehingga penyelenggaraan kapal khusus angkutan ternak dapat berjalan secara efektif dan optimal," tutur Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Kapal Ternak

Adapun kelima kapal dimaksud diberi nama KM Camara Nusantara II, KM Camara Nusantara III, KM Camara Nusantara IV, KM Camara Nusantara V dan KM Camara Nusantara VI.

Kelima kapal ini siap dioperasikan pada 2018 ini guna mendukung operasi kapal ternak yang sudah ada, yaitu KM Camara Nusantara I.

Rencananya, kelima kapal tersebut akan ditempatkan pada lima Pangkalan Pelabuhan, yaitu Pelabuhan Waingapu, Atapupu, Bima, Celukan Bawang, Pasean (Pamekasan).

Adapun, rutenya sebagai berikut:

KM Camara Nusantara 2, melayani trayek Kupang – Rote Ndao – Ende – Waingapu – DKI Jakarta;

KM Camara Nusantara 3, akan melayani trayek Kupang – Wini – Atapupu – DKI Jakarta;

KM Camara Nusantara 4, akan melayani trayek Bima – Badas - Lembar – Balikpapan;

KM Camara Nusantara 5, akan melayani trayek Celukan Bawang (Bali) – Cirebon – DKI Jakarta; 

KM Camara Nusantara 6, akan melayani trayek Pasean (Pamekasan Madura) – Makassar – Balikpapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.