Sukses

Pria Ini Rela Jual Semua Harta demi Bangun Kapal Pesiar Rp 24 M

Kapal pesiar yang dinamakan Helena tersebut dibangun pria ini selama 12 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Mike Ludgrove punya satu impian yang selalu ingin bisa ia wujudkan sejak lama. Pria 63 tahun asal Inggris ini ingin bisa memiliki sebuah kapal pesiar.

Alhasil, langkah mengejutkan pun dilakukannya. Ludgrove menjual semua harta benda yang ia miliki demi membangun kapal pesiar senilai US$ 1,8 juta atau Rp 24 miliar (asumsi kurs sekitar Rp 13.319 per dolar Amerika Serikat).

Dilansir dari odditycentral.com, Minggu (21/1/2018), kapal pesiar yang dinamakan Helena tersebut ia bangun sendiri selama 12 tahun. Awalnya, Ludgrove mengestimasi kapal pesiar buatannya ini akan rampung dalam waktu tiga tahun dengan biaya 500 ribu pound sterling atau Rp 9,23 miliar. Namun di tengah jalan pria yang mendapat ilmu membuat kapal dari Lyme Regis Boatbuilding Academy ini berubah pikiran.

Ia sadar  target yang dimilikinya terlalu ambisius dan akan lebih baik untuk mengulur waktu lama dalam membuat kapal ini. Alhasil Ludgrove melakukan berbagai cara untuk bisa mendapat uang lebih banyak.

Untung saja, istri Ludgrove mendukung niat yang dimiliki suaminya. Kedua pasutri tersebut akhirnya menjual apartemennya di London serta rumahnya di Exeter, Devon. Mereka rela untuk tinggal di rumah sewaan sembari menyelesaikan kapal pesiar.

Soal desain, Yudgrove mempercayakannya pada Ed Burnett, arsitek perkapalan yang juga membangun kapal kerajaan inggris. Sementara dalam membangun ia mendapat bantuan dari anaknya dan beberapa kerabat dekat.

"Helena sudah menjadi impian saya selama 4 tahun. Setiap bagian dari kapal tersebut sudah disiapkan sesuai kemauan saya" tutur Ludgrove.

"Semua harta saya juga sudah saya jual untuk membuat kapal ini," lanjut dia lagi.

Lambung kapal pesiar terbuat dari cemara Douglas Kanada, dan penghiasannya adalah kayu jati yang berhasil diselamatkan dari pabrik kapas tahun 1850 di Mumbai. Perahu dengan berat 30 ton tersebut dilapisi dengan fiberglass untuk melindungi kayu dan memiliki tempat tinggal kapten serta dua kabin besar yang bisa menampung hingga enam orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mewahnya Kapal Pesiar Milik Miliarder Rusia

Sebelumnya, keuntungan menjadi seorang miliarder adalah bisa membeli apa saja yang mereka inginkan. Tak jarang, barang yang dimiliki termasuk yang termahal di dunia.

Seperti sebuah kapal pesiar atau yacht menakjubkan berjuluk Lady M. Kapal pesiar mewah yang telah bersandar di Pelabuhan di Irlandia Utara ini adalah milik miliarder Rusia Alexei Mordashov.

Melansir laman belfasttelegraph.co.uk, Senin 8 Mei 2017, harga kapal mewah ini mencapai 40 juta pound sterling atau setara Rp 690,5 miliar (nilai kurs 1 pound sterling=Rp 17.264).

Mordashov diketahui memiliki kekayaan hingga 13 miliar pound sterling yang setara Rp 224,2 triliun.

Lady M memiliki panjang 65 meter. Kapal pesiar tiga dek ini dilengkapi dengan helipad dan bisa memuat tidur 12 tamu di enam kabin. Kapal ini juga memiliki 14 awak.

Kemudian dilengkapi dua mesin MTU 16V4000 dan mampu melaju hingga kecepatan tertinggi 28 knot.

Mordashov merupakan pemegang saham utama dan pimpinan Severstal. Konglomerat Rusia yang memiliki bisnia di bidang logam, energi dan pertambangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.