Sukses

7 Cara Cepat Kaya di 2018

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Januari sudah hampir selesai. Namun tak ada salahnya jika kita baru mulai merencanakan keuangan. Tentu saja, perencanaan finansial tersebut agar masa depan keuangan kita bisa lebih baik. 

Bagi beberapa orang, perencanaan keuangan ini hanya akan bisa mampu berjalan beberapa bulan saja. Pada akhirnya, di akhir tahun mereka akan kembali ke kebiasaan lama. 

Nah, dikutip dari laman TMF, Selasa (22/1/2018), berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar keuangan Anda bisa lebih baik di akhir 2018:

1. Buat Anggaran Bulanan

Meskipun mengikuti anggaran bulanan adalah cara termudah untuk mengendalikan pengeluaran, tidak semua orang mampu melakukannya. Padahal membuat anggaran belanja bulanan cukup mudah.

Hal tersebut hanya memerlukan waktu satu jam, tidak akan menghabiskan seluruh waktu Anda.

Caranya adalah tuliskan penghasilan bulanan Anda dan kurangi dengan tagihan bulanan. Tambahkan juga kebutuhan lain seperti pakaian, hiburan, dan kebutuhan darurat.

2. Minta kenaikan Gaji

Mendapatkan kenaikan gaji adalah cara yang cukup baik agar keuangan Anda stabil di akhir tahun. Lalu bagaimana cara meminta atasan untuk menaikkan gaji?

Anda dapat membuka Glassdoor atau situs pencarian kerja lain dan membandingkan gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan lain.

“Know Your Worth” adalah fitur yang sangat berguna untuk membandingkan penghasilan dengan jenis pekerjaan dan kota dimana Anda bekerja. Jangan lupa untuk meyakinkan atasan dengan prestasi kerja pribadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 4 halaman

3. Miliki Lebih dari Satu Pekerjaan

Meskipun Anda tidak bisa meminta atasan Anda untuk meningkatkan gaji, Anda dapat meningkatkan penghasilan dengan memiliki pekerjaan sampingan.

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan pekerjaan sampingan. Jika Anda dapat mengikuti proyek freelance atau bekerja di restoran lokal atau kafe di akhir pekan, tentunya Anda bisa mendapat penghasilan tambahan.

4. Mengubah Hobi Jadi Peluang Bisnis

Jika Anda memiliki hobi yang cenderung banyak menghabiskan waktu luang Anda, mengapa tidak mengubahnya menjadi sumber pendapatan? Dengan cara ini, Anda bisa mengerjakan hal-hal yang disukai sekaligus mendapat bayaran.

Jika Anda penyuka binatang, Anda bisa mencoba menjadi pengasuh hewan peliharaan. Jika berminat fotografi, cobalah jual foto Anda atau tawarkan servis yang bisa dilakukan di pesta pernikahan atau event lainnya. Masih banyak pula pekerjaan kreatif lainnya yang dapat dicoba.

 

2 dari 4 halaman

5. Berhenti Cuma Bayar Bunga Kartu Kredit

Utang kartu kredit dapat membahayakan penghasilan seseorang. Bahkan jika beban hutang tidak seburuk itu, Anda harus tahu bahwa setiap hari ada bunga yang bertambah.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah membayar tagihan dengan cepat. Jika saldo yang dimiliki moderat, Anda dapat membayar tagihan dengan segera. Anda juga dapat menjual beberapa barang atau mencoba empat langkah di atas.

Pilihan lain? Lihatlah transfer saldo, yang tidak hanya akan memungkinkan Anda mengkonsolidasikan hutang Anda, namun idealnya menurunkan tingkat suku bunga secara keseluruhan dalam prosesnya.

6. Beli saham

Berinvestasi jangka panjang di pasar saham merupakan ide bagus. Karena investasi dalam waktu singkat seringkali beresiko tinggi dan rentan merugi.

Namun karena Anda berinvestasi selama 20 sampai 30 tahun, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati pendapatan Anda selama itu.

Jika Anda memasukkan sejumlah uang ke dalam saham dividen, Anda akan mendapat bayaran tiap empat bulan yang dapat segera dinikmati.

 

 

3 dari 4 halaman

7. Kenali Tagihan Pajak Anda

Salah satu langkah yang tidak boleh dilupakan adalah tagihan pajak Anda. Penting untuk membiasakan diri dengan perubahan pajak yang terjadi dan akan berdampak pada Anda.

Jika Anda ingin menutup tahun ini dengan stabilitas keuangan yang lebih baik, Anda harus melakukan beberapa perubahan. Seringkali mengubah anggaran keuangan memerlukan beberapa pilihan dan juga pengorbanan.

Namun, tentunya hal ini akan bermanfaat demi kesehatan finansial Anda.

Artikel Selanjutnya
7 Tips Praktis Atur Keuangan untuk Si Hobi Belanja
Artikel Selanjutnya
Jangan Coba-coba Lakukan Ini Saat Beli Rumah!