Sukses

Begini Kondisi Kelistrikan di Banten Usai Gempa

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan listrik pada beberapa wilayah di Banten sempat mengalami pemadaman, pasca guncangan gempa pada Selasa (23/1/2017) Pukul 13.34 WIB sebesar 6,1 skala richter (SR). Namun, saat ini kondisi pasokan listrik kembali normal.

Deputi Manager Humas dan Hukum PLN Distribusi Banten‎ Demi Rachmat mengatakan, berdasarkan informasi awal pasca terjadi gempa yang berpusat di Lebak Banten, beberapa wilayah di antaranya Banten Selatan sempat mengalami pemadaman listrik.

"Terkait adanya gempa, informasi awal ada beberapa titik sempat mengalami trip (padam singkat) terutama daerah Banten Selatan,"‎ kata Demi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta.

Namun menurut Demi, kondisi kelistrikan secepatnya telah kembali normal. Saat ini secara keseluruhan pasokan listrik di wilayah Banten tidak mengalami gangguan akibat gempa.

"Namun kondisi tersebut sudah pulih saat ini. Dan untuk sementara secara general terkait suplai pasokan listrik aman," tutur Demi.

Demi melanjutkan, meski menjadi pusat gempa tetapi tidak ada jaringan kelistrikan yang menyalurkan listrik ke pelanggan yang mengalami kerusakan. Dia pun memastikan‎ secara keseluruhan pasokan kondisi sistem kelistrikan Banten aman.

"Jaringan di wilayah Banten masih dalam kondisi aman," tutur Demi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Listrik di Jakarta

Sebelumnya, Daerah Jakarta dan sekitarnya dilanda gempa 6,1 Skala Richter (SR) pada pukul 13.34 WIB Selasa (23/1/2018). Pusat gempa terjadi di 81 kilometer (km) barat daya Lebak Banten.

Apakah guncangan gempa tersebut mengganggu kondisi kelistrikan Jakarta?

Manager Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Aries Dwiyanto mengatakan, setelah terjadi gempa pasokan listrik Jakarta ke pelanggan tetap normal.

"Tidak ada gangguan, pasokan aman," kata Aries, saat berbincang denganLiputan6.com, di Jakarta, Selasa.

Aries melanjutkan, pasokan listrik Jakarta dari berbagai pembangkit yang berada di sekitar tetap aman atau tidak ada kekurangan pasokan akibat gangguan dari guncangan gempa.

"Pasokan dari pembangkit enggak ada gangguan, tetap aman," tuturnya.

Menurut Aries, infrastruktur kelistrikan yang menyalurkan pasokan listrik ke pelanggan seperti tiang dan kabel listrik di sekitar Jakarta juga tidak ada yang mengalami kerusakan akibat gempa.

"Infrastruktur juga aman, tidak ada yang mengalami kerusakan," tutupnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.