Sukses

SCMA Raih Penghargaan Perusahaan dengan Pertumbuhan Tercepat

Berdasarkan kajian Biro Riset Infobank, terdapat 128 perusahaan terbuka nonkeuangan dan non-BUMN yang berhasil tumbuh positif dalam 5 tahun

Liputan6.com, Jakarta PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) menyabet penghargaan pada sektor perdagangan jasa dan investasi kategori Advertising, Printing, dan Media dalam ajang Infobank 100 Fastest Growing Companies Award 2017. Penghargaan tersebut diberikan kepada 100 emiten dengan pertumbuhan tercepat.

Direktur Biro Riset Infobank (biRL) Eko B Supriyanto mengatakan, Infobank 100 Fastest Growing Companies Award 2017 merupakan penghargaan yang diberikan pada perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dalam 5 tahun terakhir.

Berdasarkan kajian Biro Riset Infobank, terdapat 128 perusahaan terbuka nonkeuangan dan non-Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berhasil tumbuh positif dalam 5 tahun terakhir, periode 2012-2016. Ke-128 emiten tersebut mampu memperoleh laba dengan pertumbuhan double digit.

"Ke-128 emiten ini berhasil mencatatkan pertumbuhan tercepat dalam 5 tahun terakhir dengan pertumbuhan laba double digit," ujar dia di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (25/1/2018).

Sebanyak 128 emiten berasal dari 537 perusahaan yang tercatat di BEI. Namun dari 537 emiten tersebut, sebanyak 182 emiten tersisih dengan beberapa pertimbangan.

Pertimbangan tersebut, antara lain pertama terkait masa pencatatan (listing) atau relisting yang baru berjalan selama empat tahun. Kemudian perusahaan tidak melaporkan keuangan pada 2016 hingga 31 Agustus 2017. Perusahaan yang tersisih diketahui tidak membuat laporan keuangan yang lengkap, dan perusahaan ini merupakan emiten keuangan atau BUMN.

Usai pertimbangan tersebut, tersisa 355 emiten yang kemudian masuk tahap penilaian. Dari sini, menyusut kembali sebanyak 105 perusahaan, dipicu rapor laba yang merah hingga tersisa 250 perusahaan.

Dari 250 perusahaan, terakhir hanya 128 emiten yang dinilai memiliki pertumbuhan tercepat sesuai dengan perhitungan Infobank.

Menurut kajian Biro Riset Infobank, keberhasilan 128 emiten tetap bisa meraih pertumbuhan dalam lima tahun terakhir, tak lepas dari keberhasilan manajemen dalam melakukan transformasi.

Manajemen terus melakukan inovasi dengan mengubah cara berjualan dan meninggalkan cara-cara lama, menghadirkan produk-produk baru, serta menyasar klien-klien baru.

"Perusahaan juga harus melakukan efisiensi untuk bisa mengikuti persaingan. Perusahaan yang tidak efisien akan hancur dari dalam, selain karena persaingan," kata Eko.

Biro Riset Infobank merekomendasikan, ada empat pendekatan yang bisa dilakukan emiten agar bisa bertahan dan terus tumbuh. Pertama, perusahaan harus melakukan sharing, bekerjasama, atau berdamai dengan teknologi.

Kedua, perusahaan harus mulai menggunakan data analitik. Dengan data analitik ini, rencana perusahaan ke depan lebih jelas, terkait target yang akan dicapai dan strategi pencapaian.

Ketiga, perusahaan harus mengerti konsumen. Keempat, perusahaan harus menggunakan data digital untuk komunikasi dan branding value.

"Kalau perusahaan tidak bisa menyesuaikan diri dengan pendekatan tersebut, jangan kaget kalau suatu saat nanti akan menjadi 'dinosaurus'," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SCMA Raih Penghargaan Tata Kelola Terbaik

PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), perusahaan yang membawahi stasiun televisi SCTV memperoleh predikat perusahaan dengan tata kelola yang baik atau good corporate governance (GCG) dalam acara Warta Ekonomi Corporate Secretary Award 2017. Surya Citra Media masuk dalam Top 5 GCG Issues in Media Sector.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang mampu mengimplementasikan GCG. GCG sendiri tak terlepas dari peran corporate secretary yang merupakan kepanjangan tangan dari direksi dalam menjalankan komunikasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasika (Kominfo) Rosita Niken Widiastuti mengatakan, penghargaan ini merupakan momentum bagi corporate secretary. Menurutnya, selama ini corporate secretary memiliki peran yang besar meski bekerja di balik layar.

Dia menambahkan, kinerja corporate secretary yang baik akan membawa kemajuan pada perusahaan.

"Tugas corporate secretary yang disampaikan khususnya menegakan GCG membawa dampak bagi perusahaan. Kalau corporate secretary memiliki profesional tentu perusahaan mendapat kemajuan," ungkapnya di Balai Kartini Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Penghargaan ini diberikan setelah melalui riset dengan menimbang prinsip transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness.

Riset dilakukan dengan metode media monitoring yaitu menganalisis isi pemberitaan terkait GCG di 40 media daring nasional dan dilakukan pada 559 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Monitoring dilakukan sejak Januari hingga September 2017. Jumlah berita yang dianalisis sebanyak 54.433 berita dengan 21.812 kata kunci.

Secretary General Indonesian Corporate Secretary Association (ICSA) Theresia Rustandi menerangkan, peran corporate secretary sangat besar.

Dia bilang, seorang corporate secretary mesti menguasai hukum, keuangan, dan operasional perusahaan. Lalu, menjalin hubungan yang baik dengan investor serta pemangku kepentingan lainnya.

"Paling penting harus mampu komunikasi dengan baik," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.