Sukses

5 Tips Sukses Dulang Untung dari Bisnis Online

Toko online saat ini sudah sangat menjamur dan bisa ditemui di mana saja.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang Anda ketahui bahwa online shop saat ini sudah sangat menjamur dan bisa ditemui di mana saja. Apalagi online shop yang satu dengan yang lainnya menjual barang dengan kualitas yang beda-beda tipis. Tentunya keberadaan online shop memberikan warna tersendiri dalam pasar di Indonesia.

Dengan adanya fakta ini, tentu Anda merasa khawatir dan bingung, bukan? Terlebih jika Anda mungkin baru memiliki bisnis online yang baru saja dirintis. Berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa membantu Anda untuk menciptakan untung dari bisnis online seperti dikutip dari Cermati.com. Apa sajakah itu?

1. Menggunakan Jasa Endorse atau Iklan

Endorse atau iklan merupakan cara pertama yang bisa membantu online shop Anda dalam mencetak angka penjualan, bahkan dapat naik dari sebelumnya. Jika produk TV mungkin bisa memanfaatkan promosi atau iklan komersial, di online shop Anda bisa memanfaatkan artis atau model atau orang-orang yang menggunakan produk Anda lalu memberikan review-nya.

Dengan begitu, orang akan semakin mengenal online shop Anda. (Baca Juga: Bank Indonesia (BI) Larang Bitcoin. Kalau Begitu, Cari Profit Di Sini Saja)

2. Fokus pada Produk yang Dijual

Fokuslah pada produk yang Anda jual lewat online shop. Berbeda dengan toserba atau supermarket yang bisa menjual semua barang, online shop Anda akan diingat karena ciri khasnya yang disukai para konsumen. Karena itu, berusahalah menyediakan barang yang dijual ke segmen tertentu.

Misalnya, segmen yang Anda sasar adalah wanita. Juallah barang-barang yang ada hubungannya dengan wanita semisal kosmetik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Berikan Diskon untuk Menarik Pembeli

Potongan harga atau diskon jadi cara untuk menarik perhatian. Sama saja seperti penjualan secara langsung, bisnis online pun membutuhkan trik untuk bisa menjual barang lebih dari target dan juga mempromosikan dengan cara yang berbeda.

Anda bisa memanfaatkan kerja sama juga dengan kurir atau jasa ekspedisi dengan memberikan diskon dan lainnya. Terkadang hal seperti ini sangat dibutuhkan para pembeli dan tentunya menghasilkan hal yang berbeda dan membawa usaha Anda semakin baik dan besar.

4. Evaluasi Produk sebagai Pertimbangan untuk Perbaikan

Evaluasi Produk merupakan cara selanjutnya untuk membawa online shop Anda semakin besar. Evaluasi sangat penting untuk melihat apakah saingan Anda lebih baik, apakah toko Anda sudah cukup baik, atau justru tidak disukai karena harganya yang mahal.

Anda juga bisa melakukan evaluasi dengan melihat penjualan, apakah grafiknya bagus atau tidak. Hal seperti ini diperlukan jika Anda ingin melangkah ke jenjang yang lebih tinggi dan membawa toko Anda menjadi lebih besar. Terutama online shop, Anda tidak pernah tahu apa yang toko lain lakukan. Intinya, mereka berhasil menarik perhatian dan penjualan tinggi.

3 dari 3 halaman

5. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Jika supermarket memiliki manajer untuk mengatur bagaimana karyawan melayani pembeli, online shop tentu saja tidak. Semua kembali pada Anda yang mengelola online shop dan melayani konsumen secara langsung. Umumnya, pelayanan dilakukan melalui chat dan sangat sedikit melalui telepon.

Anda harus bisa melayani konsumen dengan etika dan kesopanan yang benar. Tentu tidak mudah karena orang hanya akan menilai dari cara Anda menyapa dan menjawab. Hal seperti ini perlu ditingkatkan untuk kepuasan konsumen. Mereka juga tidak ingin berbelanja di toko yang memiliki pelayanan sangat buruk.

Tidak perlu menunggu waktu untuk mengembangkan bisnis online Anda. Tips di atas bisa Anda jalankan sekarang. Selain itu, cara di atas merupakan cara yang paling sederhana untuk dilakukan. Tentunya Anda membutuhkan waktu dan proses untuk membuat bisnis Anda semakin baik dan semakin besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini