Sukses

Biar Tak Tertipu, Ini Trik Membeli Mobil Secara Online

Sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil secara online karena dianggap lebih praktis.

Liputan6.com, Jakarta - Sekarang ini mobil termasuk hal yang bisa dibilang dibutuhkan banyak orang. Bisa dikatakan, hampir semua orang memiliki mobil. Harga mobil juga sudah lebih bervariatif, bahkan kurang dari Rp 100 juta. Harganya yang murah membuat siapa pun kini sanggup untuk membelinya.

Baik mobil bekas maupun mobil baru, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengantarkan ke tempat tujuan. Perbedaannya hanya terletak di harganya di mana mobil baru tentu lebih mahal dibandingkan mobil bekas.

Akan tetapi, ini bukanlah menjadi persoalan, terutama bagi Anda yang ingin punya mobil. Pada umumnya, orang-orang membeli mobil secara langsung, yaitu dengan mengunjungi dealer atau showroom mobil. Namun, sebagian orang lebih memilih untuk membeli mobil secara online karena dianggap lebih praktis.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil secara online, inilah tips yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Lakukan Pencarian

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari situs jual mobil online yang tepat. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali situs jual mobil online. Melakukan pencarian merupakan suatu keharusan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengunjungi dealer yang bersangkutan.

Selain menghemat waktu, Anda juga akan menghemat tenaga dan bensin. Carilah dua atau tiga website jual mobil online terbaik yang sesuai dengan mobil yang Anda inginkan. Setelah itu, bandingkanlah harga yang ditawarkan dari setiap website untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Jangan lupa pula untuk membandingkan bodi mobil dan setiap spesifikasinya.Harga yang ditawarkan tergantung pada spesifikasi dari mobil tersebut. Apabila performa mobil masih bagus, sudah pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan mobil lainnya.

Inilah juga menjadi pertimbangan sebelum membeli. Ingat, lakukan pencarian dengan teliti agar tidak menyesal di kemudian hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Negosiasi

Tidak semua harga yang tertera pada website yang bersangkutan merupakan harga net dari mobil yang dijual. Beberapa dealer memperbolehkan calon pembeli untuk melakukan negosiasi harga. Apabila mobil yang Anda inginkan masih bisa ditawar, buatlah penawaran terbaik yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

(Baca Juga: Mau Beli Motor dengan Kartu Kredit? Begini Caranya)

Negosiasi dalam jual beli mobil tidaklah sama dengan negosiasi di pasar. Penurunan harga biasanya tidak terlalu jauh dari harga yang tertera sebelumnya. Misalnya, harga sebelumnya Rp 100 juta, kemungkinan harga netnya menjadi Rp 95 juta.

Walaupun perbedaan harganya tidak terlalu signifikan, proses negosiasi sangat bermanfaat untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Kunjungi Dealer yang Bersangkutan

Setelah Anda dan dealer menyepakati harga mobil, kini saatnya untuk mengunjungi dealer yang bersangkutan. Pada poin ini, perlu dilakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan, terutama bagian mesinnya. Setelah itu, lakukan test drive untuk membuktikan apakah performa mobil sesuai dengan deskripsi atau tidak.

Apabila Anda menemukan kendala, laporkan kepada dealer untuk segera ditindaklanjuti. Apabila kondisi dan performa mobil telah sesuai dengan yang diinginkan, Anda boleh membawa pulang mobil tersebut. Jangan lupa untuk bayar terlebih dulu ya agar mobilnya bisa sampai ke Anda.

 

3 dari 3 halaman

4. Minta Bantuan Pihak Ketiga

Apabila Anda tidak punya waktu untuk mengujungi dealer, mintalah bantuan pihak ketiga untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. Sebaiknya, pihak ketiga yang dipilih paham betul tentang otomotif agar dapat menilai performa mobil secara teliti hingga ke aspek terkecil sekalipun.

Anda juga bisa menggunakan jasa mekanik setempat untuk mengecek kondisi mobil. Akan tetapi, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa sang mekanik selama proses pengecekan.Biaya PengirimanBiaya pengiriman hanya akan dibayarkan ketika jarak antara dealer dan Anda berjauhan.

Biaya yang dibayarkan biasanya tergantung pada jauh dekatnya jarak dan jenis dari mobil itu sendiri. Mobil yang masuk kategori mobil mewah memiliki biaya kirim yang cukup tinggi.

Sebaiknya, Anda menanyakan betul perihal biaya pengiriman ini dengan baik.Berhubung karena mobil bukanlah barang murahan, pilihlah jasa pengiriman yang aman dan terpercaya. Gunakan jasa pengiriman terbaik di kota Anda agar mobil dapat sampai dengan selamat ke tujuan.

Lebih Teliti Ketika Membeli Mobil Online

Itulah poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil online. Karena pembeliannya secara online, Anda perlu ketelitian ekstra agar tidak salah pilih dan merugi. Semoga bermanfaat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.