Sukses

Sewa Biksu Makin Mahal, Orang Jepang Pilih Pakai Jasa Robot

Robot ini bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin menyewa jasa biksu dengan harga terjangkau.

Liputan6.com, Tokyo - Semakin berkembangnya zaman semakin canggih pula teknologi yang digunakan. Solusi teknologi ini pun sering digunakan sebagai jawaban ditengah biaya sumber daya manusia yang makin meningkat.

Hal inilah yang terjadi di Jepang. Penduduk di Negeri Matahari Terbit itu kini sedang kesulitan untuk mencari jasa biksu Budha karena jumlahnya yang semakin sedikit. Alhasil, harga penyewaan jasa Biksu ini pun semakin mahal.

Untuk menanggulangi hal ini, perusahaan telekomunikasi Softbank mengeluarkan robot biksu Budha. Dilansir dari Papermag.com, Kamis  (1/2/2018), robot yang dinamakan Pepper ini memiliki kemampuan untuk melakukan ritual upacara pemakaman Budha.

Robot ini memiliki kemampuan layaknya manusia. Dalam simulasi pemakaman tersebut Pepper tak hanya memimpin upacara, tetapi juga membacakan sutra Budha. Dengan kata lain, Pepper mengambil alih peran yang biasa dilakukan seorang biksu manusia dalam upacara kematian.

Meski hingga kini Pepper belum memimpin upacara pemakaman, namun robot ini bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin menyewa jasa biksu dengan harga terjangkau. Pasalnya, layanan robot ini dibanderol sekitar Rp 6 jutaan jika dirupiahkan. Sementara praktisi manusia bisa mencapai US$ 5.000 atau Rp 67 juta.

 

Sebagai informasi, awalnya Pepper di desain sebagai robot humanoid yag memiliki kemampuan untuk menginterpretasi emosi manusia. Setelahnya, robot ini mengalami peningkatan teknis dan dijadikan sebagai robot pemimpin upacara pemakaman.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Robot