Sukses

Keren, Lukisan Seniman RI Laku Dilelang Rp 120 Miliar di Prancis

Lukisan tersebut merupakan karya dari Raden Saleh dan menggambarkan perburuan Banteng.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah lukisan karya seniman Indonesia Raden Saleh mampu terjual dengan harga fantastis dalam lelang yang diselenggarakan di Prancis. Lukisan yang bergambar tentang perburuan banteng tersebut sukses dilego seharga 7,2 juta euro atau Rp 120 miliar dengan estimasi kurs Rp 16.803 per euro.

Dilansir dari straitstimes.com, Jumat (2/2/2018), beberapa menit setelah dijual dalam lelang, harga lukisan tersebut langsung ditawar dengan harga tinggi. Hingga akhirnya lukisan laku ke angan seorang kolektor asal Indonesia yang dirahasiakan identitasnya.

Lelang dilaksanakan minggu lalu di Vannes, Prancis. Lukisan ini pertama kali ditemukan di sebuah rumah di Prancis pada Agustus tahun lalu.

Lukisan Perburuan Banteng dibuat oleh Raden Saleh pada 1855. Pihak rumah lelang percaya, lukisan ini awalnya dibuat Raden Saleh untuk dibeli oleh seorang pedagang abad 19 asal Belanda, Jules Stanislas Sigisbert Cezard.

Ruellan dari rumah lelang Cabinet Turquin mengatakan, awalnya lukisan ini ditaksir memiliki nilai 200 ribu euro. Ia tidak menyangka bahwa karya maestro Indonesia ini bisa melonjak dengan sangat tinggi.

"Awalnya kami melelang lukisan ini seharga 200 ribu euro. Tiga puluh detik setelahnya tawaran sudah mencapai 1,5 juta euro. Ini merupakan rekor untuk lukisan Raden Saleh dan lukisan asal Indonesia pada umumnya," tutur Ruellan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seni Modern

Raden Saleh dikenal sebagai pelukis Indonesia beretnis Arab-Jawa yang mempionirkan seni modern. Lukisannya merupakan perpaduan Romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa sang pelukis.

Karya-karya lukisan dari Raden Saleh menyindir sifat nafsu dari manusia yang terus mengganggu kehidupan makhluk lain seperti berburu banteng, rusa, singa, dan sebagainya. Dalam membuat sebuah karya, ia tidak segan-segan untuk mengembara ke berbagai tempat agar ia dapat menghayati unsur-unsur dramatis yang ia butuhkan.

Pengamatannya tersebut membuahkan sejumlah lukisan perkelahian satwa buas dalam bentuk pigura­pigura besar.

Sebelumnya rumah lelang Christie juga pernah melelang lukisan karya Raden Saleh berjudul Perburuan Rusa pada 1996. Lukisan tersebut laku dengan harga US$ 3,08 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.