Sukses

Tiru 4 Cara Unik Pendiri IKEA dalam Berhemat

Untuk berhemat, pendiri IKEA Ingvar Kamprad gunakan cara yang tak dilakukan oleh banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang menduga bahwa ketika seseorang menjabat sebagai chief executive officer (CEO), founder, atau pendiri suatu perusahaan, maka pasti hidup mereka akan selalu bergelimang kemewahan.

Namun, ternyata pemikiran tersebut tidak selalu benar. Ada beberapa bahkan cukup banyak CEO atau pendiri sebuah perusahaan besar memilih untuk hidup sederhana. 

Sepertinya, bos zaman sekarang cukup terbiasa dengan hidup yang super sederhana. Gaya hidup sederhana tersebut diimplementasikan dalam tiap rutinitasnya.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/2/2018), dari sekian banyak sosok CEO dan founder perusahaan besar, yuk kita intip salah satu yang memilih hidup sederhana yaitu miliarder Ingvar Kamprad yang merupakan pendiri IKEA:

1. Suka Mobil Murah

Gaya hidup ini tampaknya menular ke banyak CEO di dunia. Selain Warren Buffet, Mark Zuckerberg, Alice Walton, dan Steve Ballmer, Kamprad ternyata mengaplikasikan hal ini juga dihidupnya.

Selama hampir dua puluh tahun, Kamprad menggunakan mobil Volvo 240 GL yang hanya US$ 22.000 atau seharga Rp 294,80 juta dengan nilai kurs Rp 13.400 per dolar AS.

2. Beli Pakaian di Pasar Barang Bekas

Flea market atau 'pasar flea' ialah tempat di mana barang-barang bekas dijual kembali.

Sebagian besar barang yang dijual harganya sangat murah. Bahkan jika pintar memilih, maka bisa mendapat barang bagus dengan harga jual di bawah Rp 100 ribu.

"Jika kau perhatikanku dengan seksama, maka kau akan mengetahui bahwa semua yang kukenakan dari Flea market." tutur Ingvar Kamprad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Potong Rambut di Negara Berkembang

Pengalaman buruk saat potong rambut dengan harga yang tak sesuai bujetnya, Kamprad mengungkapkan bahwa ia selalu memangkas rambutnya ketika sedang berada di negara berkembang dengan alasan harga yang murah.

4. Terbang dengan Kelas Ekonomi

Bukan kelas bisnis ataupun private jet, Kamprad menyatakan bahwa ia selalu terbang dengan kelas ekonomi dan tinggal di hotel-hotel yang murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini