Sukses

PLTP Karaha Beroperasi Penuh Akhir Februari 2018

Pembangunan PLTP Karaha telah menyerap 2.700 tenaga kerja yang terdiri dari tenaga kerja lokal sebesar 98,1 persen dan sisanya asing.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yakin, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi(PLTP) Karaha yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat, akan beroperasi komersial atau Commercial Operation Date (COD) paling cepat pada akhir bulan ini.

Direktur Eksplorasi dan Pegembangan PGE, Khairul Rozaq, menjelaskan bahwa Proyek Karaha secara administratif berada di 5 Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumedang, Garut, Majalengka, Tasikmalaya dan Ciamis dengan rencana kapasitas terpasang sebesar 30 MW.

Dengan kapasitas terpasang 30 MW, produksi listriknya diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem transmisi Jawa – Bali dengan tambahan suplai listrik sebesar 227 GWh per tahun. Produksi listrik ini akan menerangi 33 ribu rumah.

"Proyek Karaha ini merupakan proyek terlengkap, mulai dari sub-surface, eksplorasi, pemipaan, powerplant hingga transmisi dikerjakan oleh PGE," jelasnya dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (3/2/2018).

PLTP Karaha memanfaatkan energi bersih dan ramah lingkungan. Pemanfaatannya akan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 202 ribu ton CO2 per tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat

Dalam pelaksanaan pembangunan PLTP Karaha telah menyerap tenaga kerja sebanyak 2.700 orang yang terdiri dari tenaga kerja lokal sebesar 98,1 persen dengan rincian 26,5 persen dari Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, 71,6 persen luar Kabupaten Garut dan Tasikmalaya dan tenaga kerja asing 1,9 persen.

Pembangunan proyek PLTP Karaha ini juga memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat di sekitar proyek yang direalisasikan dalam program Community Development.

Pada tahun 2017 PGE telah merealisasikan biaya Community Development sebesar Rp 830 juta untuk kegiatan pendidikan, sosial, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Selain berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, PLTP Karaha juga berkontribusi besar pada Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penyetoran Bonus Produksi secara langsung ke Kas Umum Daerah.

Dengan beroperasinya PLTP Karaha milik PGE tersebut, maka total kapasitas terpasang PGE adalah 617 MW, terdiri dari Kamojang - Jawa Barat 235 MW, Lahendong - Sulawesi Utara 120 MW, Ulubelu - Lampung 220 MW, Sibayak - Sumatera Utara 12 MW dan Karaha - Jawa Barat 30 MW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.