Sukses

Mau Menikah? Awas, Jangan Habiskan Uang untuk 5 Hal Ini

Menikah jadi salah satu momen yang banyak didambakan oleh semua orang. Namun ada 5 hal yang harus diperhatikan agar tak menguras tabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah jadi salah satu momen yang banyak didambakan oleh semua orang. Tak heran, banyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk pernikahan

Tapi sayangnya, ada beberapa hal ternyata yang sering membuat biaya pernikahan membengkak. Banyak pasangan yang akhirnya menyesali keputusan mereka karena telah mengeluarkan uang banyak untuk hal ini.

Hal apa sajakah itu? Berikut ulasannya melansir Business Insider, Selasa (6/2/2018):

1. Souvenir

Saat mengadakan pernikahan, setiap orang pasti menyiapkan souvenir agar bisa menjadi buah tangan dan ucapan terima kasih bagi tamu yang hadir. Tapi, jangan sampai biaya membeli souvenir ini jauh melampaui biaya yang lain.

Tak jarang ada pasangan yang sengaja memesan souvenir custom dengan biaya tak sedikit. Padahal jika ditelisik, biaya tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain. Solusinya, cobalah cari souvenir yang bisa didapatkan dengan harga lebih murah.

2. Bunga dan Dekorasi

Di hari istimewa Anda, tentu Anda menginginkan semuanya sempurna. Mulai dari tempat resepsi pernikahan, mengenakan gaun yang sempurna hingga memiliki bunga dan dekorasi yang indah.

Tapi jangan sampai bunga dan dekorasi membuat Anda menghabiskan uang dalam jumlah sangat banyak. Salah satu cara terbaik untuk menghemat budget adalah dengan Anda mencari bunga pernikahan itu sendiri dan meminta bantuan dari teman atau saudara Anda.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Undangan

3. Tamu Undangan yang Terlalu Banyak

Percaya atau tidak, banyaknya tamu yang diundang akan sangat memengaruhi biaya pernikahan. Apalagi jika pesta pernikahan dilangsungkan di hotel. Bayangkan jika Anda mengundang 500 tamu undangan. Biaya makan dan kapasitas hotel menjadi momok menakutkan karena sangat mahal. Jika Anda on budget, rancanglah pesta pernikahan yang sederhana, namun esensinya tetap kelihatan.

4. Menambahkan Hal-Hal yang Tak Perlu

Agar pesta pernikahan terlihat “wah”, banyak pasangan yang kerap kali menambahkan hal-hal yang tidak perlu. Seperti pemain musik, dancer, atau mini concert. Hal ini tentu saja memakan biaya yang cukup besar. Mengeluarkan biaya yang tidak ada dalam anggaran membuat pengeluaran membengkak.

5. Kartu Undangan yang Mahal

Cobalah untuk hemat anggaran dengan membuat kartu undangan pernikahan yang tak perlu mahal. Jangan terjebak untuk mengeluarkan uang begitu banyak untuk hal ini. Pada akhirnya, undangan yang begitu mewah pun tidak akan terpakai lagi setelah acara selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.