Sukses

Longsor di 4 Titik, Jalan Tol Jagorawi Arah Puncak Ditutup Total

Jasa Marga (Persero) Tbk mengalihkan arus lalu lintas yang menuju Puncak melewati jalur Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta Terkait bencana longsor di empat titik yang meliputi daerah Grand Hill, Gunung Mas, dan Masjid At-Taun, Jalan Tol Jagorawi arah Puncak ditutup total.
 
Mulai pukul 09.15 WIB jalur Puncak ditutup mulai Polingga. Penutupan total juga berlaku bagi jalur dari arah Cianjur, yang kemudian dialihkan melalui Jonggol. 
 
"Penutupan dilakukan untuk memudahkan mobilisasi sejumlah kendaraan yang mengangkut alat berat guna kebutuhan proses evakuasi sedang mengarah ke lokasi longsor, dan mempercepat waktu evakuasi material longsor," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk, Dwimawan Heru, Senin (5/2/2018).
 
 
Sebagai jalur alternatif, Jasa Marga mengalihkan arus lalu lintas yang menuju Puncak melewati jalur Sukabumi, sekitar Masjid At-Taun yang terletak sebelum Gunung Mas atau lokasi terjadinya longsor.
 
Heru menegaskan, penutupan sementara jalur menuju Puncak ini dilakukan atas koordinasi Jasa Marga dengan kepolisian sektor Kota Bogor.
 
"Oleh karena itu, Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan bagi pengguna jalan tol yang melintas di Jalan Tol Jagorawi," ucak Heru.
 
Selain itu, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang akan menuju Puncak untuk menggunakan jalur alternatif dan melakukan antisipasi perjalanan menggunakan kanal-kanal yang dimiliki Jasa Marga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor di Puncak, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Daerah Ini

Longsor di puncak terjadi setelah hujan mengguyur kawasan tersebut. Akibatnya, akses utama menuju Cianjur-Bandung terputus total.

"Saat ini jalur puncak tertutup total dan tidak bisa dilintasi karena tertutup material longsor," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, Senin (5/2/2018).

Hasby menambahkan, longsor di Puncak terjadi pada pukul 09.20 WIB. Lokasi penutupan jalur mulai diterapkan di Polingga, agar proses evakuasi longsor di empat titik dapat mudah dilakukan.

Sementara itu, untuk arus pengalihan arus kendaraan dari Jakarta menuju Puncak dialihkan. Para pengendara dapat melalui jalur alternatif.

"Akibat longsor di Puncak, jalur dari Jakarta menuju Puncak Bogor dialihkan lewat Sukabumi. Adapun dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan lewat Jonggol," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.