Sukses

Ini Alasan Urutan Lahir Bisa Menentukan Kesuksesan, Percaya?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Dua hal di antaranya adalah kerja keras dan disiplin diri. Namun selain itu, ada juga faktor lain yang mungkin tidak masuk akal. Tapi, untuk sebagian orang ternyata bisa mempengaruhi seberapa sukses dirinya di masa depan.

Contohnya adalah rasi bintang. Hal ini mungkin susah dipahami, tapi jika jika ditelaah, ternyata rasi bintang punya pertalian yang cukup logis untuk menjelaskan perjalananmu menuju kesuksesan.

Selain itu, seperti dikutip Swara Tunaiku, urutan kelahiran dalam keluarga pun memiliki implikasi pada kesuksesanmu kelak. Mungkin terdengar sedikit absurd, tapi hal ini ada penjelasan saintifiknya.

Seorang clinical psychologist bernama Joseph Burgo Ph.D dan penulis buku “Why Do I Do That?: Psychological Defense Mechanisms and the Hidden Ways They Shape Our Lives”, memiliki teori tersendiri untuk menjelaskan bagaimana urutan lahir dapat berimplikasi terhadap kesuksesan seseorang di masa depan. Menurutnya, pola pikir dan karakter seseorang juga berhubungan dengan urutan kelahiran dalam keluarga.

Berikut adalah penjelasannya:

1 dari 4 halaman

1. Anak pertama

Anak pertama memiliki kepribadian serius dan ambisius. Selain itu, anak sulung juga mempunyai kecerdasan lebih tinggi dibanding anak yang lain.

Hal ini terjadi karena biasanya orang tua mendidik anak pertama dengan cukup ketat. Banyak anak sulung tergolong tipe A.

Sebuah studi juga mengungkap bahwa 13 persen anak perempuan sulung lebih ambisius dibandingkan dengan anak sulung laki-laki.

Lebih lanjut, 16 persen anak sulung memiliki derajat pendidikan lebih tinggi dari adik-adiknya. Hal ini mengingat orang tua yang mengharapkan anak sulung menjadi teladan bagi saudaranya yang lain.

Dengan level pendidikan yang diperoleh, karier anak sulung pun pada umumnya lebih tinggi.

2 dari 4 halaman

2. Anak tengah

Urutan anak tengah cenderung memiliki kecerdasan dalam bersosialisasi dan ramah terharap orang lain. Di kalangan teman-temannya, anak tengah biasanya lebih cerdas menyangkut pendidikan.

Anak tengah menikmati persaingan dan gigih dalam meraih prestasi. Dengan kecerdasan dan kemampuan bersosialisasi ini, anak tengah pun bisa menyalurkan keahliannya dalam dunia pekerjaan.

3 dari 4 halaman

3. Anak bungsu

Anak bungsu memiliki dua karakteristik. Pertama, anak bungsu yang memiliki jarak usia dekat dengan kakak-kakaknya. Tipe ini tumbuh menjadi pribadi yang berempati, menyenangkan, dan populer.

Sedangkan tipe kedua (yang memiliki perbedaan umur jauh) memiliki kepribadian mandiri dan ambisius. Sifatnya lebih mirip dengan anak sulung.

Pada umumnya, orang tua juga tidak terlalu memberikan banyak tuntutan terhadap anak bungsu. Karena itu pula, banyak anak bungsu yang memilih karier di bidang artistik seperti seni dan sastra.

Nah, setelah melihat penjelasan urutan lahir dalam keluarga, sudahkan kamu mengetahui peluang kesuksesanmu di masa depan?

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Tes Kepribadian Ungkap Cara Anda Sampaikan Cinta
Artikel Selanjutnya
Top 3: Lima Makna Mimpi, Kelebihan Anak Kedua