Sukses

Pertama Kali, Forbes Rilis Orang Terkaya Dunia dari Uang Digital

Liputan6.com, New York - Majalah bisnis asal Amerika Serikat Forbes meluncurkan daftar orang terkaya yang mampu meraup kekayaan berkat investasinya di dunia uang digital (cryptocurrency). Ini merupakan pertama kalinya Forbes mengeluarkan daftar seperti ini sejak didirikan pada tahun 1917.

Penilaian kekayaan didasarkan dari pendapatan yang bisa diraih pasca-perdagangan aset dan saham di bisnis terkait mata uang digital. Kekayaan dicantumkan oleh Forbes merupakan nilai estimasi menggunakan harga uang digital pada 19 Januari 2018.

Forbes mengungkap, kini setidaknya ada 1.500 uang digital yang ditempatkan sebagai aset dan memiliki nilai US$ 550 miliar. Angka ini naik 31 kali lipat jika dibandingkan dengan awal 2017.

Siapa saja orang terkaya dunia yang meraup kekayaan di dunia cryptocurrency? Berikut ulasannya melansir Forbes, Senin (8/2/2018)

10. Michael Novogratz

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 700 juta - US$ 1 miliar

Profesi: CEO Galaxy Digital

Usia: 53 tahun

Nama Novogratz mulai dikenal di dunia keuangan saat ia sukses meniti karier sebagai manajer pengelola investasi global. Di tahun 2013, dia mulai berinvestasi di cryptocurrency hingga mampu memiliki investasi yang ditaksir nilainya mencapai US$ 1 miliar.

9. Brock Pierce

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 700 juta - US$ 1 miliar

Profesi: Chairman Bitcoin Foundation

Usia: 37 tahun

Pria yang sempat menjadi aktor saat masih belia ini merupakan salah satu pionir di bidang mata uang digital. Perusahaan miliknya telah memberi bantuan investasi ke beberapa perusahaan uang digital lain seperti Mastercoin, Coinbase dan Ethereum.

8. Anthony Di Iorio

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 750 juta -  US$ 1 miliar

Profesi: Co-founder Ethereum

Usia: 43 tahun

Di Iorio menggunakan uang pribadinya untuk menemukan sebuah cryptocurrency baru bernama Ethereum. Ethereum kini berhasil menjadi salah satu mata uang digital yang diperhitungkan di dunia.

 

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Matthew Roszak

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 900 juta - US$ 1 miliar

Profesi: Co-founder Bloq

Usia: 45 tahun

Matthew Roszak terjun ke dunia uang digital pada 2011. Ia bahkan menjadi inisiator uang digital di kalangan orang berduit. Matthew mengaku, ia pernah memberikan Bill Gates dan Richard Branson Bitcoin pertama mereka.

6. Brian Amstrong

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 900 - US$ 1 miliar

Profesi: CEO Coinbase

Usia: 35 tahun

Amstrong mendirikan Coinbase di tahun 2012. Perusahaannya menjadi salah satu tempat perdagangan uang digital di Amerika Serikat

5. Matthew Mellon

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 900 juta - US$ 1 miliar

Profesi: Investor

Usia: 54 tahun

Meski sudah mewarisi kekayaan dalam jumlah besar, Matthew Mellon tetap mengambil risiko untuk berinvestasi di dunia uang digital sejak beberapa tahun yang lalu. Ia merupakan investor awal Ripple, yang kini sudah menjadi mata uang digital pesaing Bitcoin.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Cameron dan Tyler Wiklevoss

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 900 juta - US$ 1,1 miliar

Profesi: Co-founder Winklevloss Capital

Usia: 36 tahun

Terlepas dari kontroversi seputar investasi jangka panjang pada Bitcoin, Winklevosses bersaudara mengatakan bahwa mereka berkomitmen terhadap bisnis mata uang digital ini. Pada 2013, saudara kembar ini sempat mengatakan kepada New York Times bahwa mereka memiliki Bitcoin dengan nilai lebih dari US$ 11 juta setara Rp 148,7 milair. Hal tersebut membuat mereka terkenal dengan keberanian mengungkapkan jumlah investasi yang dimilikinya dalam aset spekulatif.

3. Changpeng Zhao

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 1,1 miliar - US$ 2 miliar

Profesi: CEO Binance

Usia: 41 tahun

Dalam kurun waktu kurang dari tujuh tahun, Zhao mampu membuat salah satu mata uang digital terbesar di dunia, Binance. Saking suksesnya, pria ini telah memindahkan operasi Bitcoinnya ke tiga negara berbeda demi menghindari regulasi.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Joseph Lubin

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 1 miliar - US$ 5 miliar

Profesi: Co-founder Ethereum

Usia: 53 tahun

Pria asal Toronto, Kanada ini merupakan bekas eksekutif Goldman Sachs. Ia kemudian menemukan platform blockchain Ethereum dan menjalankan perusahaannya ke 28 negara berbeda.

1. Chris Larsen

Jumlah kekayaan uang digital: US$ 7 miliar - US$ 8 miliar

Profesi: Cofounder Ripple

Usia: 57 tahun

Peringkat pertama ditempati oleh Chris Larsen. Pria asal Amerika Serikat ini merupakan pendiri dan mantan CEO dari Ripple, cryptocurrency terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Larsen yang mendirikan Ripple pada 2012 memiliki aset 5,19 miliar dalam bentuk cryptocurrency. Jika disejajarkan dengan nilai tukar Ripple sekarang, Larsen berarti memiliki kekayaan sebanyak US$ 12,82 miliar.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Miliarder AS Lakukan Hal Tak Terduga buat Gulingkan Trump
Artikel Selanjutnya
Top 3: Harta Jeff Bezos Melonjak Rp 35 Triliun