Sukses

Hadapi Imlek, Citilink Tambah Frekuensi Penerbangan ke 3 Kota

Selama 2017, Citilink Indonesia telah menambah lima rute penerbangan di Indonesia maupun internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia menyiapkan penerbangan tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Imlek yang jatuh pada hari Jumat, 16 Februari 2018.

VP Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S Butarbutar mengatakan, penambahan penerbangan (extra flight) difokuskan pada tiga destinasi utama yang selalu ramai pada libur Imlek, yakni Tanjung Pandan, Pangkal Pinang, dan Pontianak.

"Penerbangan di ketiga rute tersebut masing-masing mendapatkan penambahan satu frekuensi menjadi dua kali sehari,” kata Benny kepada wartawan, Kamis (8/2/2018).

Mengenai penerbangan ke destinasi padat lainnya, seperti Denpasar, Surabaya, dan Medan, selama long weekend Citilink Indonesia tidak memberlakukan penambahan frekuensi penerbangan karena masih dapat menampung permintaan pasar yang ada.

“Selama periode libur Imlek dan long weekend yang dimulai sejak tanggal 11-24 Februari 2018, kami akan menyiapkan 15.480 kursi tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan terbang penumpang yang akan merayakan Imlek atau berlibur," katanya.

Memasuki libur Imlek tahun 2018, peningkatan pemesanan tiket Citilink mulai terlihat sejak penjualan penerbangan ekstra sudah mulai diberlakukan pada awal pekan ini.

Pemesanan tiket terlihat meningkat, tapi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang sudah diantisipasi dengan penambahan penerbangan ekstra, khususnya pada tiga destinasi padat, yaitu Tanjung Pandan, Pangkalpinang, dan Pontianak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Okupansi

Sebelumnya, rata-rata okupansi penerbangan di tiga destinasi tersebut mencapai 70 persen, diperkirakan pada liburan Imlek mendatang angka tersebut akan melonjak hingga 95 - 100 persen.

Selama tahun 2017, Citilink Indonesia telah menambah lima rute penerbangan di Indonesia maupun internasional, yaitu Jayapura, Kendari, Gorontalo, Ambon, dan Silangit, serta Dili, Timor Leste.

Pertumbuhan penumpang Citilink Indonesia tercatat mengalami peningkatan signifikan dalam lima tahun terakhir.

Tahun 2012 tercatat sebanyak 2,8 juta penumpang, kemudian melonjak menjadi 5,3 juta penumpang pada tahun 2013.

Tahun 2014 terus tumbuh dengan pesat mencapai 8,2 juta penumpang, tahun 2015 sebanyak 9,5 juta penumpang, kemudian pada tahun 2016 mencapai 11, 8 juta penumpang, dan mencapai angka 12.6 juta penumpang pada tahun 2017. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.