Sukses

Mau Usaha Terkenal dan Ramai Pengunjung? Simak Resep Sukses Ini

Membuka bisnis kafe tidaklah mudah, harus memperhatikan banyak aspek. Berikut uraiannya!

Liputan6.com, Jakarta- Saat ini di Indonesia, sudah banyak orang yang membuka bisnis kafe karena bisa menjadi peluang usaha untuk Anda yang memulai usaha baru.

Ibaratnya, pertumbuhan kedai kopi sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Bisnis kafe ini begitu diminati oleh banyak orang. Kebanyakan menganggap bahwa bisnis ini cukup menjanjikan jika Anda tahu bagaimana cara mengembangkannya.

Membuka bisnis kafe tidaklah semudah membuat sebuah mie instan. Kelihatannya memang mudah, tapi bisnis ini sebenarnya merupakan bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan.

 

Sebenarnya bisnis ini tidak bisa sukses hanya berdasarkan modal belaka saja. Tapi ada baiknya sekarang Anda simak dulu artikel berikut ini, seperti dikutip dari Laruno.com:

1. Pelayanan

Dengan kualitas pelayanan yang baik, membuat pelanggan Anda menjadi raja dan disambut baik yang membuatnya datang berkali-kali ke kafe Anda. Karena kenyamanan yang di dapatkan di kafe tersebut juga menjadi incaran para pelanggan Anda.

Pelajarilah bagaimana pelayanan yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Hal-hal kecil seperti kontak mata, mengingat nama, selera atau memulai obrolan kecil kadang dapat menjadi pembeda antara layanan kafe Anda dengan yang lain.

Tidak melulu soal rasa, langgengnya kafe Anda akan sangat ditentukan juga oleh kualitas pelayanan yang diberikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Rajin Melakukan Research ke Kafe-kafe Hits

Rajin-rajin deh jalan ke kafe-kafe yang banyak di gandrungin sama para remaja khususnya. Semacam melakukan research atau survei. Kenali rasa dan harga, juga karakter dari pelanggan di masing-masing kafe tersebut.

Nanti barulah Anda bisa menetapkan harga yang relatif lebih murah dan punya kualitas rasa sama atau lebih nikmat dari kafe yang pernah Anda kunjungi.

Tapi ingat, Anda juga perlu bahan yang mahal untuk menghadirkan sajian yang mampu memberi kepuasan penuh kepada pelanggan.

Kreativitas mengolah tampilan dan juga cita rasa di dalamnya akan membantu Anda untuk menghemat cost secara signifikan nantinya.

3 dari 3 halaman

3. Hal Penting Itu Lokasi, Design dan Target Pelanggan

Jangan pernah asal jualan ataupun asal jadi, karena persaingan di zaman sekarang sangatlah ketat. Setelah ide dan konsep Anda matang, sesuaikan dengan lokasi dan konsep design interiornya. Jangan sampai orang lain menilainya 'Tidak nyambung".

Konsep ini juga mencakup bagaimana cita rasa dari setiap menu dan apa saja pola atau seni yang akan Anda tambahkan pada menu tersebut.

Jadi, memulai bisnis atau usaha apapun itu tidak mudah karena perlu adanya usaha dan kerja keras. Bukan cuma masalah budjet, tapi tetapkan apa sih tujuan Anda sebenarnya membuka bisnis kafe ini kalau sudah yakin makan jalani segalanya dengan sepenuh hati dan mengejar target untuk bisa tercapai.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik Laruno.id

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini