Sukses

Mau Lebih Hemat Saat Dekor Rumah? Coba Simak Trik Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ingin mendekor ulang rumah tapi uang yang tersedia terbatas? Jangan berkecil hati dulu. Keterbatasan dana justru menjadi tantangan untuk mengasah kreativitas. Anda tetap bisa mendapatkan hunian cantik tanpa menghamburkan banyak uang.

Untuk Anda yang ingin mendekor rumah, desainer interior Estee Stanley membagi ilmunya yang bisa Anda ikuti dalam artikel Danaxtra berikut ini.

Yang utama, sangat penting menetapkan anggaran ketika akan mendekor rumah. Dan Anda harus saklek terhadap anggaran yang sudah disusun itu.

Sebagai patokan, Stanley memberi saran agar Anda tahu dulu, di pos mana bisa merogoh kantung dalam-dalam, dan di pos mana Anda harus berhemat. Berikut uraiannya:

Aturan Tiga Saat Mendekor Rumah. Apa Itu?

Agar tertib anggaran saat mendekor rumah, Stanley memberikan aturan "Rule of three" dalam kegiatan belanja saat mendekor ulang rumah. (Simak juga: 5 Trik Hemat Renovasi Rumah)

“Setiap Anda berbelanja dengan royal, pastikan Anda berhemat pada tiga hal lain. Jika Anda ingin menggunakan uang untuk hasil maksimal, saran saya adalah belanjalah dengan royal dan berhematlah pada skala berbeda. Investasilah hanya pada barang-barang klasik yang benar-benar Anda suka," papar Stanley, seperti dikutip Domaine.

Stanley biasanya menghabiskan banyak uang untuk sofa cantik, meja kopi unik, atau karpet istimewa. Kasur dan lemari mungkin bisa ditambahkan untuk pos ini. Intinya, pastikan Anda mengeluarkan uang untuk hal yang tepat.

1 dari 8 halaman

Abaikan Tren saat Mendekor Rumah

Selain memberikan "Aturan Tiga" yang berarti Anda boleh membeli barang dengan harga cukup mahal dan berhemat di pos lain, Stanley juga mendorong Anda mengabaikan tren. Hindari tren atau berbelanja hanya karena iseng.

“Berhematlah pada bantal hias, selimut, dan aksesori. (Tren) barang-barang ini dapat dengan mudah diperbarui dan berganti setiap tahun, setiap musim. Sementara, barang-barang yang lebih besar tidak berubah,” ujarnya.

Setelah Anda sudah tahu poin penting ini, kini saatnya untuk berkreasi. Kreativitas dibutuhkan saat Anda menginginkan tampilan baru sementara anggaran terbatas.

Sederet ide dan tips ini dijamin akan memberi Anda solusi sekaligus inspirasi untuk mendekor rumah tanpa menghabiskan banyak uang. Sentuhan kecil dan perbedaan sederhana tapi unik pada pencahayaan, karpet, tirai, dan pemilihan warna akan membuat rumah Anda terasa berbeda.

Susun Furnitur Secara Asimetris

Mendekorasi rumah bukan berarti harus membeli barang baru. Anda bisa mendapatkan suasana baru tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dengan cara mengubah tata letak furnitur dan aksesori lainnya.

Jika selama ini kamu selalu meletakkan sofa secara simetris, cobalah ubah tata letaknya menjadi asimetris. Coba letakkan berlawanan dengan sudut ruangan.

Meja kopi yang selama ini selalu diletakkan di tengah ruang keluarga bisa dipindah ke tepi ruangan. Tempat tidur pun tak selamanya harus diletakkan menempel dinding, Anda bisa menggesernya agak ke tengah kamar. Anda juga bisa menukar aksesori ruangan untuk mendapatkan suasana baru.

2 dari 8 halaman

Utamakan Kualitas saat Memilih Aksesori Rumah

Beberapa furnitur di rumah Anda mungkin sudah menua dan mulai rapuh sehingga perlu diganti dengan yang baru. Untuk berhemat di masa mendatang, disarankan untuk mengutamakan kualitas.

Seperti saran Stanley, untuk benda-benda yang dibutuhkan dalam jangka panjang seperti sofa, tempat tidur, meja kopi atau rak buku, pilih yang berkualitas agar Anda tak perlu sering mengeluarkan uang untuk hal ini. Jika Anda butuh suntikan dana untuk belanja, coba produk HSBC ini.

Jumlah aksesori juga perlu dibatasi. Terlalu banyak aksesori dan furnitur yang Anda letakkan justru bisa membuat rumah Anda terasa sumpek dan tidak rapi.

Pilih Furnitur/Aksesori Sesuai Luas Ruangan

Penting untuk mempertimbangkan luas ruangan saat membeli furnitur. Pemilihan furnitur dengan warna dan gaya senada tak hanya akan membuat rumah terlihat lebih rapi, tapi juga memudahkan Anda dalam mendekorasi.

Aksen bisa diberikan pada lampu gantung atau pemilihan tirai/lukisan dengan warna yang kontras. Ini akan menghadirkan suasana yang berbeda.

Jika memang rumah Anda terasa sesak, coba singkirkan beberapa aksesori rumah yang tak sesuai dengan gaya Anda. Untuk itu Anda tak perlu keluar uang, Anda justru bisa menghasilkan uang tambahan dengan menjualnya. Ruangan pun jadi terlihat lega serta terasa seperti rumah baru.

3 dari 8 halaman

Kombinasikan Tekstur dan Warna Furnitur

Rumah akan terasa hidup dan terlihat lebih menarik dengan kombinasi tekstur dan warna. Warna-warna berani dan material yang tidak biasa untuk furnitur akan membuat rumah Anda lebih ‘bernyawa’.

Kombinasi kayu atau kaleng dengan kain misalnya, akan memberikan sentuhan yang berbeda. Atau masih banyak ekspreimen lain yang bisa Anda lakukan untuk rumah Anda.

Tanaman

Menambahkan tanaman mungil di atas meja kopi akan mengisi kekosongan ruang Anda. Harganya juga pasti lebih murah daripada harga patung, lukisan, atau pajangan lainnya.

Kelebihan lainnya, tanaman kecil ini cocok untuk semua gaya interior rumah Anda. Anda bisa memilih tanaman yang mudah perawatannya seperti kaktus, senseviera, siklok, kalatea, lili Paris, atau English Ivy.

4 dari 8 halaman

Pilih Karya Seni

Ingin memiliki karya seni seperti lukisan atau patung di rumah Anda? Beli dari seniman yang tidak begitu terkenal, harganya dijamin lebih miring. Yang penting adalah keindahannya bukan harganya, bukan?

Manfaatkan Barang Bekas

Tips hemat berikutnya adalah membeli furnitur bekas atau memanfaatkan barang bekas dan mengubahnya menjadi furnitur atau dekorasi.

Jangan malu untuk membeli furniture bekas karena biasanya harganya lebih murah. Di sini Anda justru ditantang untuk memilih dan berkreasi.

Menambahkan benda antik yang dibeli dari toko loak akan menjadi prestasi Anda di sini. Gunakan kesempatan ini untuk berkreasi dan membuatnya serasi dengan furnitur lain yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Furnitur lama juga bisa diubah menjadi baru, dengan mengecat ulang atau mengganti kainnya. Beberapa furnitur yang bisa dicat ulang adalah meja, kursi, dan lemari yang terbuat dari kayu atau besi.

Jadi, Anda cukup membeli cat dan mengecat dengan rapi agar furnitur yang ada benar-benar terlihat baru. Yuk, mulai cari barang bekas di sekitar rumah dan ubah menjadi aksesori rumah yang keren!

5 dari 8 halaman

Ganti Suasana dengan Mengganti Kain

Mengganti tirai, sarung bantal, atau karpet juga menjadi trik hemat saat mendekor rumah. Daripada membeli furnitur baru, mengganti kain-kain ini pastinya akan jauh lebih murah dan menyenangkan.

Anda bisa mengganti sarung bantal yang semula polos dengan sarung bantal baru bermotif unik yang kini banyak ditawarkan di toko online.

Bila mau repot sedikit, Anda bisa membuat sarung bantal sendiri dari kaus-kaus bergambar yang sudah tidak digunakan lagi.

Tirai juga menjadi pos lain yang bisa obyek perubahan untuk menghadirkan suasana baru.

Gunakan Furnitur yang Praktis dan Multifungsi

Anda bisa menggunakan rak penyimpan untuk sofa, cukup dengan menambahkan bantal-bantal cantik. Dijamin rumah Anda akan terlihat lebih cantik.

Ini akan menghemat ruangan dan membantu Anda menyelamatkan isi kantong, karena tidak ada uang yang terbuang sia-sia untuk barang yang tidak perlu.

Furnitur yang memiliki roda di bawahnya mudah dipindahkan dan fungsional. Bisa digunakan juga untuk beberapa ruangan sekaligus, hemat sekali.

6 dari 8 halaman

Pilih Cat atau Wallpaper?

Investasi dalam cat dinding yang berkualitas akan membuat Anda tak perlu sering-sering mengganti warna interior rumah. Hiasan dinding pilihan akan memberikan kesan otentik yang menegaskan karakter Anda.

Namun, ternyata menggunakan wallpaper akan menghemat biaya hingga 20 persen, dan ini lebih mudah diganti jika ternyata Anda bosan.

Dinding Dapur

Ubin pada dinding dapur membutuhkan biaya yang banyak, oleh karena itu, sekarang lebih tren panel anti percikan untuk dipasang di dapur. Lebih hemat dan sama awetnya.

7 dari 8 halaman

Bertukar Kemampuan dengan Orang Lain Alias Barter

Misalnya Anda ahli akutansi, Anda bisa bertukar jasa dengan arsitek, tukang kayu, desainer interior. Jadi, Anda mendapatkan jasa mereka dan begitu juga sebaliknya. Jika tidak gratis, mungkin Anda bisa mendapatkan potongan harga.

Banyak-banyak Riset

Melakukan riset dan belajar sendiri untuk mendekor rumah juga salah satu bentuk penghematan. Menyenangkan dan menyegarkan pikiran, lo! Kunjungi banyak tempat untuk menemukan inspirasi untuk dekorasi rumah Anda sendiri.

“Hindari tren atau berbelanja produk interior hanya karena iseng" - Estee Stanley.

Artikel Selanjutnya
4 Lokasi Seru yang Bisa Anda Kunjungi Saat Akhir Pekan
Artikel Selanjutnya
7 Tips Praktis Atur Keuangan untuk Si Hobi Belanja