Sukses

Bakal Dilelang, Berlian Langka Ini Diprediksi Laku Rp 450 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Rumah lelang Sotheby akan melelang sebuah berlian langka di London pada bulan ini. Berlian seberat 102 karat tersebut diprediksi akan memecahkan rekor sebagai berlian termahal yang pernah dijual.

Bagaimana tidak, batu mulia yang berasal dari Botswana, Afrika tersebut dinilai bisa terjual lebih dari US$ 33 juta atau Rp 450 miliar. Rumah lelang Sotheby mengatakan, ini merupakan satu-satunya berlian yang memiliki berat lebih dari 100 karat dan masih bertahan dengan kondisi sempurna.

"Ini merupakan satu-satunya berlian bulat dengan potongan sempurna dan memiliki berat lebih dari 100 karat. Kondisi berlian ini juga sangat baik," tutur juru bicara Sotheby dilansir dari CNBC, Sabtu (10/2/2018).

Sementara itu Kepala rumah lelang Sotheby Patti Wong mengatakan ini adalah berlian paling sempurna yang pernah ia lihat sepanjang kariernya. Berlian seukuran buah stroberi ini masuk dalam kelompok berkualitas tipe IIA karena kemurnian serta warnanya yang amat jernih.

"Dengan berat, warna, dan kualitas, berlian ini merupakan mahakarya alam yang dihidupkan kembali oleh tangan manusia," kata Patti.

Awalnya, berlian ini didapat dari batu kasar 425 karat yang ditemukan di tambang De Beers Bostwana, Afrika sebelah selatan.

Batu kemudian dipotong dan dipoles dalam waktu enam bulan oleh perajin Diacore paling berpengalaman di Johannerbug dan New York.

Rekor harga berlian tertinggi yang pernah dilelang diraih oleh berlian bernama Pink Star. Berlian ini terjual senilai US$ 71 juta atau Rp 968,8 miliar di Sotheby Hong Kong pada 2017.

Artikel Selanjutnya
Harga Emas Antam Kini di Posisi Rp 633 Ribu per Gram
Artikel Selanjutnya
Harga Emas Dunia Lebih Murah