Sukses

7 Trik Nabung Duit Liburan ke Luar Negeri Sebelum Usia 30 Tahun

Meski usia hampir berkepala tiga, entah mengapa cita-cita buat liburan ke luar negeri enggak juga terlaksana.

Liputan6.com, Jakarta - Meski usia hampir berkepala tiga, entah mengapa cita-cita buat liburan ke luar negeri enggak juga terlaksana. Kendala utamanya adalah soal bujet liburan yang tak juga terkumpul.

Saat memutuskan untuk bisa liburan ke luar negeri, kamu memang harus komitmen menabung.  Namun, proses menabung dengan bekal komitmen saja tidak akan cukup, lho. Kamu harus menerapkan trik menabung demi liburan ke luar negeri sebelum umur 30 tahun.

Swara Tunaiku bagi-bagi tips dan trik menabung agar kamu bisa liburan ke luar negeri sebelum umur 30! Ini caranya:

Setia pada Satu Situs

Program kumpul-kumpul poin juga bisa kamu temukan pada situs pemesanan hotel, lho. Saya sarankan kamu setia pada satu situs saja. Dengan begitu, poin akan lebih cepat terkumpul dan kamu bisa merasakan manfaatnya.

Misalnya, nih, kamu bisa menukarkan poin dengan fasilitas kamar gratis. Atau seenggaknya, kamu bisa mendapatkan potongan atau diskon berapa persen sesuai dengan nilai poin yang kamu punya. Hitung-hitung bisa mengurangi bujet akomodasi.

Frequent Flyer Program

Biasanya, maskapai penerbangan punya loyality program yang disebut dengan Frequent Fyler. Kalau kamu sudah gabung jadi anggota pada suatu maskapai tertentu, usahakan untuk setia pada maskapai itu.

Nantinya, setiap kali kamu terbang, bakal dapat poin atau reward. Kesannya memang terlihat remeh, sih, aktivitas ngumpulin poin dari loyality program ini.

Namun, nantinya poin yang terkumpul bisa kamu tukarkan dengan penerbangan gratis atau malah upgrade kelas penerbangan.

Misalnya, kamu beli tiket kelas ekonomi. Dengan poin ini, bisa di-upgrade ke kelas bisnis. Lumayan banget, bukan?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaatkan Jaringan Hotel

Hotel-hotel besar biasanya memiliki afiliasi dengan hotel lain yang masih anak perusahaan. Nah, dengan begini, kamu bisa memanfaatkan kesempatan emas untuk ikut program dari mereka.

Sebagai contoh, kamu rajin menginap di hotel A hingga dapat banyak poin. Ternyata, poin ini bisa dipakai untuk menginap gratis di hotel B yang notabene masih satu perusahaan dengan hotel A.

Kalau bisa kayak gini, nih, menginap di hotel yang nyaman pun enggak perlu bayar mahal lagi!

Buka Banyak Akun Penyimpanan

Jika kamu menyimpan uang dalam satu rekening saja, pasti akan makin sulit untuk mengumpulkan uang. Uang dalam rekening ini akan dipakai untuk meng-cover banyak kebutuhan. Makanya, jadi makin susah dong untuk menyisihkan bujet buat liburan ke luar negeri.

Makanya, saya sarankan buatlah rekening khusus untuk liburan. Dengan begini, kamu lebih mudah mengalokasikan dan memisah pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk liburan. 

Pilih bank penyimpanan yang bakal memberikan bunga. Dengan begitu, uangmu akan terus bertambah tiap bulan walau hanya didiamkan saja di dalam rekening.

3 dari 4 halaman

Hunting di Perusahaan Tour

Liburan ala backpacker memang sedang hits di Tanah air. Namun, pernahkah kamu mempertimbangkan buat ikutan tour saja? Jika kamu jeli, bisa dapetin paket promo, lho,  dari perusahaan tour atau travel agent. Kamu bisa datang ke beberapa travel fair yang rutin digelar di Indonesia.

Seperti Japan Travel Fair, Garuda Indonesia Travel Fair, Astindo Fair, dan travel fair dari penerbit kartu kredit lainnya. Sehingga, kamu bisa membandingkan beberapa paket dan memutuskan mau ikutan yang mana.

Makin asyik lagi kalau ada promo beli 1 dapat 2, nih! Kamu bisa ajak teman atau malah si pacar buat liburan bareng dengan biaya murah-meriah. Kalau sama teman, bujet liburan bisa dibagi berdua, he-he.  

Cerdas dalam Menghemat

Menghemat itu enggak sama dengan menyiksa diri. Kalau kamu cara cerdas dalam menghemat, maka enggak perlu menerapkan program menabung yang ekstrem. Kamu tetap bisa nonton tiap minggu ataupun makan enak di restoran. 

Namun, pastikan kamu pergi nonton pada saat harga tiket murah. Dan soal restoran, coba saja cari kupon diskon di majalah lokal. Dulu, saya paling hobi mengoleksi majalah lokal. Tujuannya adalah buat cari kupon diskon. Seperti diskon 20  persen di sebuah restoran kenamaan di Yogya.

Wuih, cara ini, nih, yang bikin saya tetap makan enak meski lagi dalam program menabung, he-he.

4 dari 4 halaman

Tidak Memandang Remeh Diskon

Apa pun jenis diskon yang ditawarkan, jangan langsung menganggapnya receh. Kamu enggak akan tahu, kalau suatu saat diskon yang kesannya receh itu banyak gunanya juga, lho.

Sebagai gambaran, kamu dapat penerbangan gratis ke Jepang dari Garuda Indonesia karena loyality program. Selama di Jepang, kamu menginap di hotel mewah dengan tarif murah karena memakai diskon dari situs pemesanan A.

Lalu, kamu bisa jalan-jalan dengan JR Pass karena dapat harga promo di travel fair. Setelah memanfaatkan berbagai diskon, enggak disangka-sangka kamu bisa menghemat bujet liburan.

Jadi, jangan sekalipun menyepelekan loyality discount. Kalau bisa, sih, malah memanfaatkan loyality discout ini dengan sebaik-baiknya.

Betul, enggak?

Dengan menerapkan 7 cara di atas, liburan ke luar negeri pun bisa segera terlaksana. Boleh, sih, punya cita-cita setinggi langit. Namun, jangan lupa buat menikmati hidup, ya. Salah satunya adalah dengan rutin jalan-jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini