Sukses

Bursa Saham AS Anjlok Lagi, 10 Miliarder Hilang Harta Rp 571 Triliun

Orang terkaya dunia Jeff Bezos dilaporkan jadi miliarder yang paling banyak kehilangan harta.

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) kembali goyah pada penutupan perdagangan Jumat lalu. Hal ini turut berimbas pada kekayaan 10 miliarder terkaya dunia.

Dilaporkan Forbes, Senin (12/2/2018), Bursa saham AS dilaporkan merosot lima persen dalam seminggu setelah indeks Dow Jones menukik 1.000 poin dalam dua hari berbeda. Hal yang sama juga dialami oleh indeks S&P yang tergelincir 10 persen dari level sebelumnya.

10 miliarder terkaya dunia harus rela kehilangan US$ 40 miliar atau Rp 571 triliun akibat hal ini. Orang terkaya dunia Jeff Bezos dilaporkan jadi miliarder yang paling banyak kehilangan harta.

Di awal pekan, kekayaan Jeff Bezos masih berada di angka US$ 118,8 miliar. Namun pada penutupan perdagangan hari Jumat, miliarder ini kehilangan US$ 7 miliar hingga kekayaannya berada di posisi US$ 111,8 miliar.

Orang terkaya kedua dunia Bill Gates juga turut mengalami hal yang sama. Adanya guncangan di bursa AS membuat dia kehilangan US$ 2,3 miliar dalam seminggu.

Sementara itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg dilaporkan kehilangan kekayaan US$ 5,6 miliar. Penurunan kekayaan Zuckerberg tidak hanya diakibatkan dari kondisi tak pasti bursa saham AS, nilai saham perusahaan media sosial miliknya juga turun 7 persen.

Miliarder Warren Buffett ikut kena imbas rontoknya bursa saham AS. Investor kelas kakap tersebut kehilangan US$ 5,4 miliar dalam seminggu. Kekayaan Buffett kini berada di angka US$ 84,5 miliar.

Miliarder lain yang turut kehilangan kekayaan dalam jumlah besar adalah Bos Zara Amancio Ortge, CEO LVMH Bernard Arnault dan Carlos Slim. Sementara itu, dua co-founder Google Larry Page dan Sergey Brin dilaporkan kehilangan masing-masing US$ 3 miliar dari kekayaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Fakta Mengejutkan Orang Kaya yang Belum Banyak Diketahui

Tidak sedikit orang yang ingin bisa mencapai cita-cita sebagai orang sukses dan memiliki harta melimpah. Sayangnya, hal ini tidaklah bisa digapai oleh semua orang.

Meski demikian, ada beberapa fakta terkait orang kaya yang belum banyak diketahui orang. Orang-orang dengan harta melimpah ini sukses menambah kekayaan lebih banyak dari penduduk kebanyakan.

Laporan yang dikeluarkan oleh Oxfam mengungkap, orang kaya yang hanya berjumlah 1 persen dari penduduk dunia memiliki kekayaan lebih besar dari kekayaan keseluruhan penduduk. Laporan ini juga menyoroti fakta mencengangkan lain tentang kaum terkaya.

Apa saja? Berikut ulasannya melansir Business Insider:

1. Tiga orang terkaya di Amerika Serikat yakni Jeff Bezos, Bill Gates dan Warren Buffett memiliki kekayaan lebih banyak dari 50 persen orang termiskin di AS. Kekayaan tiga miliarder ini mengalahkan 160 juta penduduk lainnya.

2. Kekayaan miliarder meningkat 13 persen rata-rata dalam setahun. Hal ini terjadi dari tahun 2006-2015. Sementara penduduk biasa kekayaannya hanya bertanbah 2 persen per tahun.

3. Total kekayaan miliarder dunia meningkat sebanyak US$ 762 miliar selama 2017.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Miliarder baru lahir setiap dua hari sekali selama 2017. Untuk bisa menjadi miliarder, Anda harus memiliki pendapatan US$ 770.368.

5. 500 orang terkaya dunia diprediksi akan mewarisi kekayaannya senilai total US$ 2,4 triliun dalam 20 tahun ke depan.

6. Orang terkaya dunia hobi menyembunyikan kekayaannya di negara surga pajak. Total kekayaan yang disembunyikan mencapai US$ 7,6 miliar. Ini artinya mereka tidak membayar pajak senilai US$ 200 miliar.

7. 90 persen miliarder dunia adalah pria. Sementara wanita hanya memiliki presentase 10 persennya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya