Sukses

Mau Sukses? Wajib Miliki 7 Sikap Pekerja Masa Kini

Liputan6.com, Jakarta - Hidup pada era sekarang memang enak, semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Namun, ada tantangan tersendiri yang membenak di hati generasi pekerja saat ini. Pasalnya, tingkat persaingan kerja semakin tinggi. Siapa yang tidak memiliki kapabilitas yang cukup, harus siap tersisih dalam dunia kerja.

Agar sukses bersaing di dunia kerja, Anda harus siap dengan berbagai perubahan yang ada. Jangan berhenti di satu titik saja. Namun, langkahkan kaki pada titik yang lebih tinggi dan ubah sifat buruk selama ini. Sebab sifat pekerja masa kini sudah semakin modern seperti yang akan kita bahas pada poin berikut.

Berikut uraian lengkapnya, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Profesional

Memiliki profesionalitas tinggi menjadi kunci utama untuk bersaing di era sekarang. Profesionalitas bisa ditunjukkan dari cara kerja dan menghadapi masalah. Orang yang profesional menyikapi segala sesuatu dengan tenang, mengambil waktu untuk berpikir positif, dan membuat keputusan.

Orang yang profesional mencurahkan hati dan pikirannya pada pekerjaan yang dilakukannya. Tempat kerjanya juga tidak monoton hanya di satu tempat saja, tetapi di beberapa tempat yang dapat membuatnya bekerja secara nyaman. (Baca Juga: Cara Ampuh Temukan Pasangan bagi Kamu yang Masih Single)

2. Kreatif

Jadilah karyawan kreatif yang memiliki ide-ide brilian demi kemajuan perusahaan. Jangan bekerja hanya saat diperintah saja, tetapi miliki inisiatif untuk bekerja di luar dari apa yang diperintah.

Berikan kontribusi maksimal pada perusahaan tempat Anda bekerja. Sampaikan ide-ide brilian yang Anda miliki. Siapa yang tahu kalau ide yang Anda berikan dapat membawa perusahaan satu langkah mendekati gerbang kesuksesan.

1 dari 4 halaman

3. Open Minded

Pola pikir pada era sekarang sudah harus modern, tidak lagi terkotak-kotak pada satu aspek saja. Kejadian atau peristiwa buruk yang terjadi di luar tidak boleh disikapi dengan negatif.

Sebelum mengetahui detail dari kejadian atau peristiwa tersebut, Anda dituntut harus melihat segala sesuatu tidak hanya dari satu sudut pandang, tetapi beberapa sudut pandang.

Sikap open minded juga ditunjukkan dari cara Anda menyikapi perubahan yang terjadi. Entah itu dari sisi politik, budaya, dan pola perilaku masyarakat. Misalnya, budaya pekerja kantoran yang dulunya melaksanakan meeting di kantor kini beralih di kafe atau restoran.

4. Siap pada Perubahan

Pola hidup masyarakat akan terus berubah seiring perkembangan teknologi. Bagaimana Anda menyikapi perubahan tersebut menjadi poin penting.

Perubahan tersebut harus Anda sikapi secara positif, bukan secara negatif. Lagi pula manusia membutuhkan perubahan yang secara tidak langsung akan membawa dirinya pada kematangan tinggi dalam menjalani dunia kerja.

2 dari 4 halaman

5. Inovatif

Selain kreatif, Anda juga dituntut harus inovatif. Sikap inovatif ditunjukkan dari cara Anda bekerja dan berpikir untuk membentuk sesuatu yang belum pernah ada. Inovasi dapat berupa terobosan-terobosan baru yang akan diterapkan di perusahaan, baik dari segi pemasaran, produksi, manajemen, maupun keuangan.

Inovasi yang Anda bangun akan semakin sempurna jika didukung dengan kreativitas yang tinggi. Kolaborasikan keduanya untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik dari yang terbaik.

6. Original

Originalitas atau autentisitas menjadi sifat pekerja yang harus Anda miliki pada era saat ini. Tunjukkan siapa diri Anda yang sebenarnya. Abaikan rasa malu dan cemoohan yang mungkin timbul dari sikap mainstream Anda.

Ingat, waktu dan zaman akan terus berputar. Jika Anda tidak berusaha menjadi diri sendiri, Anda akan selamanya dianggap sebagai plagiat yang tidak memiliki kompeten dalam dunia kerja.

3 dari 4 halaman

7. Semangat yang Tinggi

Membekali diri dengan kepintaran saja tidak cukup pada era sekarang. Anda juga harus membekali diri dengan semangat yang tinggi untuk meraih apa yang sudah menjadi goal atau tujuan Anda di masa depan.

Raih cita-cita setinggi mungkin karena apa pun yang dilakukan dengan usaha, kerja keras, dan semangat pada akhirnya akan berbuah manis.

Tunjukkan Kualitas Diri Anda

Hidup pada era sekarang tidak cukup hanya bermodalkan kepintaran. Banyak aspek yang perlu diperhatikan, seperti profesionalitas, originalitas, kreativitas, inovasi, dan masih banyak lagi. Di tengah-tengah persaingan yang ketat seperti sekarang, mulailah membangun kualitas dalam diri.

Berkualitas atau tidaknya diri Anda dapat diketahui dengan mudah dari sikap dan cara pandang Anda pada suatu hal. Tunjukkan kualitas terbaik Anda untuk mengalahkan para pesaing di dunia kerja.

Artikel Selanjutnya
3 Jenis Pekerjaan Paling Membahagiakan bagi Wanita
Artikel Selanjutnya
Perhatikan Penampilan Ketika Wawancara Kerja, Ini Tipsnya