Sukses

6 Trik Kelola Keuangan Usai Lulus Kuliah

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran keuangan baik dapat membuat Anda lebih stabil dan bebas stres soal keuangan di masa depan.

Walau Anda baru masuk dunia kerja untuk pertama kali, atau sudah memiliki pekerjaan tetap, mungkin juga ada yang baru memulai bisnis, mengontrol keuangan sangat penting. Ini dapat mencegah Anda dari kebiasaan buruk yang bisa timbulkan masalah keuangan ke depan. Hal itu disampaikan CEO FNB Premier, Lynette Kloppers.

Kloppers pun membagikan sejumlah tips keuangan yang dapat dipertimbangkan seperti ditulis dari laman South Coast Herald, Kamis (15/2/2018):

1. Siapkan dana pensiun sejak awal

Sejumlah individu tidak menyadari pentingnya siapkan dana pensiun sejak awal. Saat berjalannya waktu kadang kita lupa untuk persiapkan dana pensiun. Padahal bila tidak siapkan dana pensiun sejak awal dapat pengaruhi keuangan saat masa pensiun.

2. Pisahkan kebutuhan dan keinginan

Memanjakan diri sendiri dan bersenang-senang ketika sudah terima gaji memang penting. Namun sebaiknya hindari kebiasaan menghabiskan uang melebihi kemampuan Anda. Coba pisahkan kebutuhan dan keinginan, serta hindari menjalani gaya hidup yang membuat Anda berutang.

3. Baik buruknya utang

Tak semua utang buruk bagi Anda. Mengetahui bagaimana pakai utang untuk jalani kehidupan dan juga menggunakan kredit dengan baik, sebagai strategi mengelola uang.

 

 

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Menabung

Secara teratur sisihkan uang untuk kebutuhan pribadi, investasi dan keadaan darurat.

"Jika Anda merasa kesulitan menabung sendiri siapkan rencana tabungan atau deposit bulanan. Bank dapat memotong uang dari rekening Anda secara otomatis kemudian disimpan di rekening berbeda," kata Kloppers.

5. Menyewa vs Membeli

Membuat pilihan tepat tergantung pada keadaan pribadi Anda dapat membantu hemat uang dalam jangka panjang. Salah satu contohnya, mungkin Anda lebih hemat jika menyewa saat pekerjaan mengharuskan untuk pindah secara teratur.

Demikian pula, jika Anda tidak memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda bepergian dan pindah, membeli townhouse dan flat dapat hemat biaya. Bahkan bisa jadi investasi bagus di masa depan.

6. Rencanakan liburan

Coba rencanakan liburan dalam satu tahun. Ini akan memberikan waktu bagi Anda simpan uang. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan dapat diskon. Caranya dengan memesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari, atau langsung bayar lunas ketimbang kredit.

"Meski tips di atas sulit, namun memberikan Anda dasar baik bagaimana mengelola keuangan secara memadai. Juga pertimbangkan tidak ada formula sempurna untuk menangangi uang karena semua tergantung pada keadaan pribadi Anda. Pendekatannya jadi rencana, buat anggaran teratur dan disiplin," ujar Kloppers.

Artikel Selanjutnya
BUMN Ini Buka Lowongan Kerja, Anda Tertarik?
Artikel Selanjutnya
SCMA Raih Penghargaan Perusahaan dengan Pertumbuhan Tercepat