Sukses

Garuda Indonesia Siap Bantu Nelayan RI Ekspor Ikan ke Eropa

Garuda Indonesia siap membantu KKP untuk mendistribusikan hasil tangkapan laut nelayan ke wilayah Indonesia, bahkan ekspor hingga ke Eropa.

Liputan6.com, Tangerang - PT Garuda Indonesia Tbk siap membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam mengangkut dan mendistribusikan hasil tangkapan laut nelayan. Upaya ini sebagai tindak lanjut permintaan KKP kepada beberapa badan usaha milik negara (BUMN), termasuk Garuda Indonesia, untuk memangkas proses dan logistik pengangkutan ikan atau hasil tangkapan laut lain. 

Direktur Kargo Garuda Indonesia, Sigit Muhartono, menjelaskan, sektor maritim memiliki potensi ekspor yang sangat besar, utamanya dari kawasan Indonesia Timur.

"Hasil laut yang bagus itu kan adalah hasil tangkapan yang fresh dan juga life (masih hidup). Yang fresh dan life itu, jalan terbaik pengirimannya adalah lewat udara," ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (13/2/2018).

Demi mengirimkan hasil tangkapan laut itu, Sigit menyatakan, Garuda Indonesia akan memanfaatkan ketersediaan kargo bawah di dalam pesawat penumpang. 

"Kita pakai armada yang ada. Kita maskapai penerbangan yang untuk penumpang, tapi bisa ngangkut barang juga di kargo bawah. Kita bukan khusus pengangkut barang saja," ucapnya. 

Dia menjelaskan, kapasitas kargo di pesawat jenis Airbus bisa menampung hingga 16 ton. Adapun, pesawat Boeing 737 milik Garuda Indonesia, kapasitasnya maksimal 4-5 ton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Ekspor Ikan

Sigit mengaku, otoritas bandara sudah menyiapkan fasilitas pergudangan di bandara untuk mendukung pendistribusian hasil tangkapan laut. Namun, belum semua bandara 100 persen siap guna memfasilitasi bentuk kerja sama dengan KKP itu.

"Fasilitas sudah tersedia, walaupun ada beberapa yang masih kurang. Seperti cold storage di Denpasar, Bali, kapasitasnya kecil," ungkapnya.

Terkait masalah dana pengadaan fasilitas pendukung itu, Sigit masih menghitung kebutuhan di setiap bandara. Yang pasti, Garuda Indonesia siap membantu KKP untuk ekspor hasil tangkapan ikan nelayan ke berbagai negara. 

"Besarnya (dana) tergantung kebutuhan fasilitas di masing-masing bandara. Dari 65 rute internasional yang Garuda Indonesia miliki, sebagian besar bisa digunakan untuk bantu KKP ekspor juga. Kayak ke Tiongkok, Jepang, Australia, sampai ke Eropa," pungkas Sigit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.