Sukses

Libur Imlek, KAI Operasikan 8 Kereta Tambahan

PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk sebanyak 30.948 untuk kereta api reguler.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Daerah Operasi (DAOP) 1 Jakarta kembali mengoperasikan kereta tambahan dalam menghadapi libur Imlek yang jatuh pada akhir pekan ini.

PT KAI Daop 1 Jakarta selama ini mengoperasikan 53 kereta api (KA) reguler, yang terdiri atas 28 kereta api reguler dengan pemberangkatan Stasiun Gambir dan 25 kereta api reguler pemberangkatan Stasiun Pasar Senen.

"Banyaknya masyarakat yang antusias menggunakan kereta api. Setidaknya ada delapan kereta api tambahan yang berangkat dari Stasiun Gambir," kata Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta Edy Kuswoyo kepada wartawan, Rabu (14/2/2018).

Kereta api tambahan tersebut terdiri atas empat kereta api Argo Parahyangan tujuan Bandung, kereta api Argo Dwipangga Fakultatif, dan kereta api Argo Lawu Fakultatif tujuan Solo, kereta api Argo Jati Tambahan dan kereta api Cirebon Ekspres Fakultatif tujuan Cirebon.

PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk sebanyak 30.948 untuk kereta api reguler yang dibagi menjadi 18.452 tempat duduk untuk kereta api reguler pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, dan 12.496 tempat duduk untuk kereta api reguler pemberangkatan dari Stasiun Gambir.

"Jadi PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk untuk kereta api Tambahan sebanyak 3.440 tempat duduk," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Okupansi

Untuk pemberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu-Jumat (11-17 Februari) seperti kereta api Matarmaja tujuan Malang, kereta api Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya Gubeng, kereta api Brantas tujuan Blitar, kereta api Bengawan tujuan Purwosari okupansinya telah mencapai 100 persen.

Untuk pemberangkatan hari Selasa-Jumat (13-16 Februari) seperti kereta api Majapahit, kereta api Jayabaya tujuan Malang, dan kereta api Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi okupansinya juga telah 100 persen.

Untuk pemberangkatan Rabu-Jumat (14-16 Februari) kereta api Progo tujuan Lempuyangan juga telah mencapai volume 100 persen.

Sedangkan untuk pemberangkatan hari Kamis -Jumat (15-16 Februari) seluruh perjalanan kereta api pemberangkatan Stasiun Pasar Senen telah mencapai okupansi 100 persen.

"Hanya kereta api Tawang jaya tujuan Semarang Poncol, kereta api Kutojaya tujuan Kutoarjo, dan kereta api Gumarang tujuan Surabaya Pasar Turi pada hari Jumat (16/2) yang masih tersedia, itupun hanya tersisa sekitar 20 persen," kata Edy.

 

3 dari 3 halaman

Pemberangkatan Gambir

KA keberangkatan dari stasiun Gambir perjalanan hari Kamis (15/2) telah mencapai volume 100 persen, hanya KA Argo Parahyangan tujuan Bandung dan KA Argo Jati pemberangkatan pagi hari yang masih tersedia.

Sedangkan untuk hari Jumat (16/2) untuk KA Argo Muria, KA Argo Sindoro tujuan Semarang, KA Argo Dwipangga, KA Argo Lawu tujuan Solo, Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung pemberangkatan pagi juga telah mencapai volume 100 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.