Sukses

66 Ribu Mobil Lalui Tol Cikarang Jelang Puncak Arus Balik Libur Imlek

Sejak Sabtu 17 Februari 2018, terjadi peningkatan signifikan pada arus lalu lintas menuju Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan lebih dari 90 ribu kendaraan bakal melintas di gerbang Tol Cikarang Utama pada arus balik libur Imlek 2018. Arus balik telah mulai pada Sabtu kemarin dan diperkirakan akan berlangsung sampai Minggu malam ini yang merupakan puncak arus balik.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, mendekati akhir masa libur Imlek 2018, volume lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama mulai meningkat.

Pada hari Sabtu, 17 Februari 2018, terjadi peningkatan signifikan pada arus lalu lintas menuju Jakarta, terutama di malam hari.

"Tercatat mulai pukul 21.00 hingga pukul 05.00 WIB, sebanyak 21 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama, naik 41,5 persen dari lalu lintas normal," jelas dia, Minggu (18/2/2018). 

Untuk keseluruhan lalu lintas pada hari Sabtu, 17 Februari 2018, sekitar 66 ribu kendaraan telah kembali ke Jakarta melalui GT Cikarang Utama atau sekitar 56,9 persen dari total kendaraan yang tercatat meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama sejak hari Jumat, 16 Februari 2018.

Puncak arus balik diperkirakan akan jatuh pada hari ini, 18 Februari 2018. Diperkirakan 92 ribu kendaraan akan melintasi GT Cikarang Utama atau meningkat 15% dari lalu lintas harian normal sebesar 79,8 ribu kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan, selalu menjaga kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi serta pastikan kecukupan saldo dan lakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Macet

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta, baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan.

Perseroan prediksi titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan terjadi adalah sebagai berikut:

- Simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalin dari Cipali dan Purbaleunyi

- Rest Area Km 62

- Rest Area Km 52

- Km 47 karena ada awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II Elevated

- Rest Area Km 42, GT Cikarang Utama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.