Sukses

Dino Patti Djalal: Tergantikan Robot, Banyak Manusia Kehilangan Pekerjaan

 

Liputan6.com, Jakarta - Digitalisasi perlahan sudah menguasai dunia perekonomian. Di masa depan, diprediksikan bahwa kegiatan ekonomi akan didominasi oleh tenaga mesin seperti robot. Apa yang pihak berwenang harus lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut?

Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan, teknologi sedari dini memang sudah menguasai perekonomian di sekitar kita. Itu bisa dilihat dari sistem pembayaran pintu tol yang kini sudah tergantikan oleh keberadaan mesin.

"Mengutip McKinsey, pada 2050, ratusan juta orang di dunia akan kehilangan pekerjaan. Paling banyak di China, dengan lebih dari 200 juta orang di sana akan kehilangan pekerjaan," tuturnya dalam acara SUPERMENTOR–21: What the Future Looks Like, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Minggu (18/2/2018).

Dia turut menceritakan pengalamannya saat mengunjungi salah satu pelabuhan di China. Setelah berkeliling selama kurang lebih 30 menit di sana, ia tidak menemukan satupun manusia.

"Semuanya sudah dikerjakan oleh robotik," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembayaran Digital

Selain kehadiran robot, tantangan lainnya yang saat ini sudah jelas terlihat adalah bentuk pembayaran digital atau cashless transaction. Dino mengatakan, negara seperti Amerika Serikat (AS) saja saat ini 40 persen transaksinya sudah cashless.

Pemerintah seharusnya bijak dalam menghadapi tantangan digital itu. Ia menekankan, agar para pelaku usaha tidak terlalu bergantung pada teknologi dan memalingkan perhatiannya terhadap kebutuhan lapangan kerja orang di sekitarnya.

"Pemerintah harus mencari balance dari kegiatan ekonomi, dan pantau berbagai pelaku usaha untuk tidak hanya mencari keuntungan semata. Jangan biarkan banyak orang kehilangan pekerjaan karena terlalu bergantung pada sistem robotik," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini