Sukses

Mau Buka Usaha tapi Modal Terbatas? Ini Solusinya

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang perlu dipikirkan saat merintis usaha adalah modalnya. Modal itu enggak melulu berupa uang. Ide, keahlian, jejaring, dan keberanian untuk mengambil risiko juga menjadi modal penting dalam membangun bisnis. Sementara, modal fisik juga tidak harus didapatkan dengan mengeluarkan uang, kok.

Jadi, kalau kamu terkendala modal yang terbatas saat hendak merintis usaha, mungkin yang terbatas adalah dana yang kamu punya.

Kalau begitu, cara yang paling gampang adalah dengan mengajukan pinjaman. Sementara menurut Swara Tunaiku, ada beberapa kiat mengatasi keterbatasan modal yang dapat kamu lakukan agar bisnismu bisa segera diwujudkan. Yuk, cari tahu!

1. Kembangkan pola pikir ala entrepreneur

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang sebagai modal usaha, ada hal yang lebih penting untuk dimiliki, yaitu pola pikir seorang wirausahawan. Tanpa ini, kamu mungkin bakal kesulitan untuk mengembalikan modal usaha yang sudah dipinjam.

Jika kamu adalah seorang karyawan atau ibu rumah tangga yang ingin terjun ke dunia bisnis, pola pikir pengusaha adalah modal yang penting. Kamu perlu ini untuk menjaga mental tetap tahan banting dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis.

Kayak gimana sih pola pikir seorang entrepreneur itu? Yah, mereka umumnya menghindari pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat bisnis. Misalnya, menganggap diri kurang pandai, gampang menyerah, mudah dipengaruhi orang, dan terlalu mudah puas.

2. Miliki rencana bisnis

Rencana bisnis juga menjadi modal penting yang kamu butuhkan untuk membangun suatu usaha. Hal ini berisi analisis terkait langkah yang akan kamu ambil saat memulai bisnis, seperti analisis pasar, keuangan, sumber daya manusia, rencana pengembangan usaha, serta risiko yang dihadapi.

Rencana bisnis sebaiknya dibuat secara mendetil. Soalnya, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai proposal kamu untuk mendapatkan investor maupun mitra bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Temukan rekan bisnis yang sejalan

Seorang rekan bisnis adalah pendukung yang penting dari usaha yang kamu jalankan. Mereka bisa berupa investor maupun mitra dalam menjalankan operasi bisnismu.

Makanya, kamu butuh rekan bisnis yang sejalan dengan visi misi bisnismu. Kalau nggak, bisa-bisa usahamu malah bakal tersendat gara-gara kalian suka berselisih pendapat.

4. Mulailah dari usaha sampingan

Ketika ingin punya bisnis tapi terkendala modal dan waktu, kamu bisa memulainya dari usaha sampingan dengan skala kecil-kecilan sambil tetap menjalankan pekerjaan utamamu.

Memang sih, fokusmu jadi terbagi. Tapi, setidaknya kamu bisa meminimalkan risiko sembari mengumpulkan modal untuk mengembangkan usaha. Ketika usahamu sudah berkembang, bukan mustahil kamu akan memberi fokus penuh pada bisnismu itu.

3 dari 3 halaman

5. Jangan ragu menjajal hal-hal baru

Ketika modalmu lagi cekak, nggak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dan menjajal hal-hal baru. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, modal itu bisa berupa keahlian.

Dengan mempelajari hal-hal baru, kamu akan memperoleh wawasan yang lebih luas. Bukan mustahil, kamu akan menemukan peluang bisnis yang lain dari modal kemampuan baru tersebut. Yang penting, berani mencoba!

Nah, lewat lima cara di atas, mudah-mudahan modal usaha yang terbatas tak lagi menjadi halanganmu untuk merintis bisnismu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini