Sukses

Bertambah Lagi, Ini Deretan Kecelakaan Infrastruktur dalam 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan infrastruktur kembali terjadi. Kali ini tiang girder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang berada di dekat Gardu Tol Kebon Nanas, Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, ambruk.

Ambruknya tiang girder tersebut terjadi pada Selasa (20/2/2018) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Akibat ambruknya tiang girder tersebut, polisi menyatakan ada 7 orang yang menjadi korban dari insiden tersebut.

Para pekerja yang tertimpa berhasil dievakuasi pukul 04.45 WIB. "Langsung di police line setelah kejadian, korban seluruhnya telah di evakuasi," ucap petugas jaga Polsek Jatinegara, Bripka Robby kepada Liputan6.com.

Dugaan sementara, tiang ambruk karena masalah teknis. Menurut Kapolres Jakarta Timur Kombes Yoyon Tony Suryaputra, saat kejadian pekerja sedang melakukan pengecoran tiang pancang Tol Becakayu. Tiang itu berfungsi sebagai penyangga.

Belum lama ini atau tepatnya pada 5 Februari 2018 kemarin, underpass Bandara Soekarno Hatta mengalami longsor. Padahal underpass tersebut belum lama dibangun yang merupakan infrastruktur penunjang Kereta Bandasa Soekarno-Hatta.

Dua orang menjadi korban, yang salah satunya meninggal dunia usai dievakuasi dari lokasi kejadian. Longsoran tersebut berada di bawah jalur rel Kereta Bandara Soekarno Hatta yang belum lama ini resmi beroperasi.

Insiden kecelakaan infrasturktur terus terjadi dalam kurun waktu 6 bulan. Berikut rinciannya dirangkum Liputan6.com, Selasa (20/2/2018):

1. Beton Jatuh di Proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi

Satu pekerja bangunan tewas akibat tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan yang sedang dibangun. Sedangkan dua pekerja lainnya luka berat.

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tepatnya di Kampung Tenggek RT 04/01, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jumat (22/9/2017) pukul 17.30 WIB.

Saat itu, para pekerja dari PT Waskita selaku kontraktor proyek Tol Bocimi sedang memasang jembatan penyeberangan orang dari beton berukuran sekitar 1,5x50 meter.

Tiba-tiba badan jembatan berupa cor beton runtuh dan menimpa Maman (25) warga Ciledug, Tangerang, dan Saripudin (35) warga Kuningan, Jawa Barat, serta Darwin (30).

Diduga jembatan tersebut runtuh karena pada saat pelepasan selink crane, belum sepenuhnya terpasang pengunci sehingga badan jembatan terjatuh dan menimpa tiga pekerja yang ada di bawah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Girder Ambruk di Proyek Tol Pasuruan-Probolinggo

Girder atau jembatan beton di proyek tol Pasuruan-Probolinggodi Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ambruk pada Minggu, 29 Oktober 2017 sekitar pukul 09.30 WIB. Insiden ini  menimbulkan korban. Seorang meninggal dunia, sedangkan dua pekerja terluka. 

Kecelakaan terjadi saat pembangunan konstruksi jalan layang atau flyover. Flyover tersebut menghubungkan Desa Plososari dengan Desa Cukurgondang sebagai pengganti jalan kabupaten.

Proyek ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana. Sementara pemegang konsesi jalan tol adalah PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol yang 100 persen sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road.

 

3 dari 7 halaman

3. Kontruksi Benton Proyek LRT Kayu Putih Runtuh

Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di daerah Kayuputih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, jatuh pada Senin  Januari 2018 dini hari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan ada lima orang terluka akibat insiden tersebut.

Jalur LRT yang roboh merupakan bagian dari penghubung Kelapa Gading-Velodrome yang rencananya digunakan sebagai persiapan menghadapi penyelenggaraan Asian Games tahun ini.

Proyek transportasi massal yang menghabiskan anggaran Rp 57 miliar itu sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan 2016.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin mengatakan ada beberapa identifikasi sementara penyebab kecelakaan saat proyek dilaksanakan atau konstruksi pada pemasangan PCI girder yang terjadi di proyek LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome.

Pertama, kondisi tidak stabil. Penyebab kedua, gantungan crane mengalami pelonggaran sehingga gelagar berotasi, ketiga, vertikalitas gantungan sulit dikontrol.

Keempat, bracing baja tulangan tidak mampu menahan gaya guling, kelima, jack hidraulic yang tidak bekerja dengan baik. Terakhir, proses stressing dan sambungan beton basah.

4 dari 7 halaman

4. Balok Girder Tol Depok-Antasari Ambruk

Balok Girder dalam konstruksi pembangunan jembatan pengganti ruas Lebak Bulus-Kampung Rambutan di kawasan Antasari ambruk menimpa 1 buah dumtruk yang sedang memuat tanah pada 2 Januari 2018.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pukul 09.45 WIB pagi tadi. Ketika itu, sedang dilakukan aktivitas lanjutan terkait penggalian tanah oleh eskavator atau alat berat yang akan dimuat ke dumptruk.

"Saat memuat tanah ke dumptruk, dugaan balok girder tersenggol arm excavator saat manuver/memutar," ucap Kombes Mardiaz kepada Liputan6.com.

Akibatnya, satu balok Girder terbalik karena tersenggol arm excavator tersebut dan mengenai Girder sebelahnya hingga 6 buah balok pun terjatuh dan menimpa objek di bawahnya.

"Efek domino, sehingga 6 buah balok Girder jatuh. 1 Dumtruk yang sedang dimuat tanah (jadi) tertimpa," ucap Kombes Mardiaz.

Karena supir sedang berada di luar truk, ia pun selamat. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian materiil sendiri hanya berasal dari 6 buah balok Girder dan 1 unit dumptruk.

Kejadian ini diduga murni human error, karena sejauh ini tidak terjadi masalah dalam hal konstruksinya. Bahkan, Balok Girder pun sudah diberi penguat antara satu dengan yang lainnya.

"Balok Girder 6 buah sudah dierection ke atas pierhead sejak 22 Desember 2017. Balok Girder pun sudah di-brecing/diberi penguat satu dengan yang lainnya," jelas Kombes Mardiaz.

5 dari 7 halaman

5. Crane Jatuh di Proyek Rel Ganda Jatinegara

Sebuah crane pengangkut beton proyek pembangunan Double-Double Track (DDT) di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur jatuh pada 4 Februari 2018 pukul 05.00 wib. Akibatnya, empat orang pekerja tewas dalam insiden tersebut.

Saat itu para pekerja tengah mengangkat bantalan rel menggunakan crane. Namun saat bantalan rel sudah berada di atas, diduga dudukannya tidak pas sehingga jatuh. Aparat Polres Metro Jakarta Timur langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait insiden ini.

Polres Metro Jakarta Timur rampung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi jatuhnya crane Jatinegara, Jakarta Timur. Investigasi melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor Polri).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Yoyon Tony Surya Putra menyebut sudah ada calon tersangka potensial.

"Sementara yang berpotensi jadi tersangka operator dan nanti kita akan kembangkan lagi apa ada pengawas," ujar Tony di Polres Jakarta Timur, Senin 5 Februari 2017.

 

6 dari 7 halaman

6. Longsor di Underpass Bandara Soekarno Hatta

Hujan deras yang mengguyur daerah Tangerang membuat tanah longsor di Jalan Parimeter Selatan Bandara Soekarno-Hatta. Longsoran tersebut berada di bawah jalur rel kereta Bandara, Senin 5 Februari 2018.

Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Tiba-tiba saja tanah yang berada di underpass Parimeter Selatan longsor menutupi badan jalan. Sebuah mobil dan dua penumpangnya dikabarkan tertimpa material longsoran.

Manajer Humas PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano menyatakan, underpass tersebut merupakan proyek baru dan merupakan bagian dari pembangunan rel kereta bandara yang saat ini telah beroperasi.

"Underpass-nya ini dibangun dalam rangka pembangunan rel kereta bandara," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Dia menjelaskan, PT KAI membangun jalur rel baru untuk menghubungkan Stasiun Kereta Bandara dengan Stasiun Batu Ceper.

Namun, lantaran harus bersilangan jalan Perimeter Selatan, maka dibangun underpass untuk menunjang keberadaan rel baru tersebut.

"Jadi KAI kan membangun jalur baru dari Stasiun Kereta Bandara ke Stasiun Batu Ceper. Rel keretanya melewati jalan Perimeter di bandara. Karena di sana ada jalan Perimeter Selatan, maka dibangun underpass, di atasnya rel kereta, di bawahnya jalur mobil," kata dia.

Menurut Yado, meski berada di area Bandara Soetta. Namun pembangunannya dilakukan oleh PT KAI dengan PT Waskita Karya sebagai kontraktornya.

 

7 dari 7 halaman

7. Tiang Tol Becakayu Ambruk

Tiang girder Tol Becakayu di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur, ambruk pada Selasa 20 Februari 2018 dini hari. Tujuh pekerja menjadi korban dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati dan RS UKI Cawang akibat insiden itu.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra menyampaikan, peristiwa tersebut terjadi saat para pekerja melakukan pengecoran pada penyangga tiang Tol Becakayu.

"Tiang pancang itu ada Brekat Timber. Brekat Timber itu fungsinya adalah menyangga daripada pelat yang akan dicor. Namun pada saat para pekerja memasukkan cor ke dalam tiang pancang tersebut, Brekat Timber terlepas dan jatuh," tutur Tony di Jalan DI Pandjaitan, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018).

Menurut dia, seketika seluruh material cor dan Brekat Timber itu runtuh dan serpihannya menimpa tujuh pekerja di bawahnya. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Enam (orang) mengalami luka-luka tidak terlalu berat, namun ada satu yang agak luka berat, luka pada kepala, dan sudah dirujuk di RS Kramat Jati," jelas Tony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini