Sukses

Jasa Marga Kembali Buka Jalur Jagorawi Arah Puncak

PT Jasa Marga Tbk menyatakan, saat ini jalan tol Jagorawi menuju puncak hanya boleh dilalui kendaraan sedan dan minibus.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan tol Jagorawi arah jalur Puncak kembali dibuka dan bisa dilakukan mulai 19 Februari 2018 pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya jalur itu ditutup akibat bencana longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Puncak, Jawa Barat pada 5 Februari 2018.

"Meski sudah dapat dilalui, berdasarkan instruksi pihak Kepolisian Sektor Kota Bogor, Jalan Tol Jagorawi hanya boleh dilalui oleh kendaraan sedan atau minibus," kata AVP Corporat Communication PT  Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru, Selasa (20/2/2018).

Sedangkan truk dan bus yang menuju Puncak masih dialihkan rutenya melalui jalur alternatif yakni melewati jalur Sukabumi, sekitar Masjid At-Taun yang terletak sebelum Gunung Mas atau lokasi terjadinya longsor.

"Oleh karena itu, Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan bagi pengguna jalan tol," tambah Heru.

Selain itu, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol yang akan menuju Puncak menggunakan jalur alternatif untuk dapat melakukan antisipasi perjalanan menggunakan kanal-kanal yang dimiliki oleh Jasa Marga.

Seperti diketahui, Setelah dua pekan ditutup akibat longsor, jalur wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin siang, kembali dibuka untuk umum. Seluruh jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya untuk roda empat dan dua saja.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin 19 Februari 2018, setelah hampir dua pekan lamanya ditutup, jalur Puncak mulai dari Gunung Mas hingga ke Ciloto, Cipanas, Cianjur, yang mengalami longsor akhirnya dibuka Senin siang.

Pembukaan jalur dilakukan setelah adanya rekomendasi dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun belum semua jenis kendaraan yang bisa melalui jalur ini, hanya untuk roda dua dan roda empat saja.

Sementara untuk jenis kendaraan sedang dan besar seperti truk dan bus masih melalui jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Perbaikan permanen akan terus dilakukan hingga menjelang lebaran nanti dan jalur dinyatakan aman untuk seluruh kendaraan. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Puncak Bogor Diuji Coba

Sebelumnya, jalur Puncak, Bogor akan diuji coba untuk dilintasi kendaraan roda empat, Senin hari ini. Jalur Puncak ditutup usai longsor pada 5 Februari 2018 lalu.

"Diuji coba hari ini jam 12.00 WIB, tetapi terbatas hanya untuk roda 4 saja" kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky, Senin 19 Februari 2018.

Untuk bus dan truk masih dilarang melewati Gunung Mas sampai dengan Ciloto. Bus dan truk dapat menggunakan jalur Sukabumi atau Jonggol.

Dicky mengatakan, uji coba jalur Puncak dilakukan berdasarkan hasil kordinasi dan kunjungan Dirjen Perhubungan Darat, Kementrian PU PR beserta Polres Bogor ke lokasi longsor di Puncak, Minggu 18 Februari 2018.

"Dari hasil survei itu maka dilakukan uji coba," ujar Dicky.

Uji coba di lajur Puncak ini, menurut Dicky, akan dilakukan sampai jalur benar-benar bisa dilewati semua kendaraan. Kendati demikian, saat ini masih ada pengerjaan perbaikan jalur di beberapa titik dengan estimasi 1-3 bulan ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.