Sukses

Harga Emas Dunia Kembali Kinclong di Awal Pekan

Harga emas rebound setelah mencatatkan penurunan pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas dunia kembali terangkat setelah mencatatkan penurunan pada akhir pekan lalu. Harga emas berhasil reli tersengat pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) dan menjelang pernyataan Gubernur The Fed, Jerome Powell di kongres pekan ini. 

Mengutip Reuters, Selasa (27/2/2018), harga emas di pasar spot menguat 0,2 persen menjadi US$ 1.331,01 per ounce. Harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman April mengalami kenaikan US$ 2,50 atau 0,2 persen ke angka US$ 1.332,80 per ounce.

Sementara harga perak ikut terkerek naik 0,2 persen ke US$ 16,57 per ounce, dan platinum menguat 0,1 persen pada harga US$ 997,20 per ounce.

Penurunan indeks dolar AS terhadap mata uang utama berhasil mengangkat harga emas setelah tersungkur menuju penurunan mingguan terbesar dalam dua bulan.

"Yang mempengaruhi harga emas adalah dolar AS. Untuk bisa menembus harga emas ke level US$ 1.360-US$ 1.375, butuh permintaan dari investor ritel AS," kata Analis Standard Chartered, Suki Cooper.

Investor menilai bahwa Powell konsisten dengan kebijakan moneter di AS sehingga dolar AS terseret ke bawah.

The Fed melihat pertumbuhan ekonomi akan tetap stabil dan tidak melihat adanya risiko yang mungkin menghentikan laju kenaikan suku bunga yang direncanakan.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS. Apalagi Gubernur Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris juga akan mengeluarkan pernyataan pekan ini.

Peningkatan harga emas ini juga ditopang kenaikan permintaan dari China setelah libur Imlek.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dolar AS Masih Tertekan, Harga Emas Bakal Lanjutkan Penguatan

Harga emas diperkirakan akan terus mengalami penguatan pada perdagangan pekan ini seiring dengan tren pelemahan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Harga emas menemukan momentum baru pada pekan lalu karena nilai tukar dolar AS tidak mampu menembus angka resistance dan kemudian terdorong ke level terendah dalam tiga tahun.

Menurut beberapa analis, pelemahan dolar AS menjadi tenaga yang paling signifikan bagi harga emas. Pada penutupan pekan lalu, harga emas berjangka berada di angka US$ 1.355 per ounce, naik 3 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Merupakan presentase kenaikan yang terbaik dalam dua tahun.

"Dengan adanya ketidakpastian atau bisa disebut pelemahan nilai tukar dolar AS maka sudah pasti orang akan menyukai emas," jelas Neil Mellor, analis senior BNY Mellon, dikutip dari Kitco, Senin (19/2/2018).

Mellor melanjutkan sebenarnya ada sentimen negatif pada dolar AS setelah Kongres AS menyetujui adanya aksi pemotongan pajak perusahaan maupun pribadi.

Dengan adanya pengurangan pajak tersebut besar kemungkinan defisit anggaran pemerintah semakin besar sehingga memberikan beban kepada nilai tukar dolar AS.

"Sekarang bertambah dengan adanya ancaman inflasi naik dan ekonomi melambat," tambah dia.

Analis FXTM Jameel Ahmad melanjutkan, ke depan fokus pelaku pasar beradadi kebijakan di wilayah Eropa. Ada kemungkinan kebijakan bank sentral yang agresif sehingga berpengaruh kepada harga emas.

Namun ternyata tidak semua analis memberikan pandangan yang positif kepada harga emas. "kenaikan harga emas sudah terlalu tinggi dan kemungkinan sudah overbought," kata Colin Cieszynski, kepala analis SIA Wealth Management.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas