Sukses

Harga Minyak Sentuh Level Tertinggi dalam 3 Minggu

Harga minyak dunia kembali naik didukung meningkatnya permintaan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia kembali naik didukung permintaan yang tinggi dan komitmen Arab Saudi untuk mengurangi produksi minyak sejalan dengan kesepakatan negara-negara produsen minyak (OPEC). Kenaikan tersebut mencapai yang tertinggi selama tiga pekan.

Melansir laman Reuters, Selasa (27/2/2018), harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik 40 sen menjadi US$ 63,95 per barel. Rekor tertinggi sempat menyentuh US$ 64,24 per barel dalam 20 hari.

Sementara harga minyak mentah Brent naik 29 sen menjadi US$ 67,60 per barel. WTI dan Brent masing-masing mengalami kenaikan sebesar 3 persen dan hampir 4 persen pada pekan lalu.

Harga minyak terus menanjak karena pernyataan Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih yang mengatakan, produksi minyak mentah di Arab Saudi akan menurun pada Januari-Maret ini. Sedangkan rata-rata volume ekspor kurang dari 7 juta barel per hari.

Al-Falih lebih lanjut menjelaskan, Arab Saudi berharap negara-negara anggota OPEC dapat mengikis hambatan produksi minyak tahun depan, dan menciptakan kerangka kerja permanen untuk menstabilkan harga minyak setelah kesepakatan memangkas produksi minyak berakhir di 2018.

"Sebuah studi sedang berlangsung dan begitu kita tahu persis apa yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan pasar, kita akan umumkan langkah selanjutnya. Mungkin memangkas kendala produksi," terang Al-Falih.

Data Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat pada pekan lalu menyebut stok minyak mentah AS mengalami penurunan.

"Menurut kami permintaan (minyak) akan cukup kuat, tapi kami tidak melihat terobosan besar," kata Analis Joel Hancock.

Dia memperkirakan harga minyak mentah akan berada di kisaran US$ 60-US$ 70 per barel sepanjang tahun ini.

Untuk diketahui, perusahaan minyak nasional di Libya mengatakan bahwa mereka telah force majeure di ladang minyak El Feel sebesar 70 ribu barel per hari, setelah terjadi demonstrasi yang menutup ladang minyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Turun, Harga Minyak Mentah AS Cetak Rekor Tertinggi

Harga minyak terkerek naik didorong data penurunan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) secara mengejutkan. Selain itu, pelemahan mata uang dolar AS juga turut mempengaruhi harga minyak.

Melansir laman Reuters, Jumat (23/2/2018), harga minyak mentah AS naik ke level tertinggi dalam dua pekan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April naik US$ 1,05 atau 1,7 persen menjadi US$ 62,73 per barel.

Sementara harga minyak mentah Brent untuk pengiriman di bulan yang sama naik 78 sen atau 1,2 persen menjadi US$ 66,20 per barel.

Penguatan harga minyak menyusul data Energy Information Administration (EIA) yang melaporkan penurunan persediaan minyak mentah AS secara tidak terduga sebesar 1,6 juta barel sampai dengan 16 Februari ini.

Hal ini terjadi karena impor minyak mentah merosot ke rekor terendah, sementara ekspor melonjak.

"Stok minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma turun 2,7 juta barel," kata EIA.

Lebih jauh disebutkan EIA, impor minyak mentah turun sebesar 1,6 juta barel per hari menjadi 4,98 juta barel per hari. Jumlah ini merupakan yang terendah sejak EIA mencatat stok minyak mentah AS di 2001.

Sedangkan ekspor minyak mentah AS melonjak lebih dari 2 juta barel per hari atau mendekati rekor 2,1 juta pada Oktober.

The Louisiana Offshore Oil Port (LOOP), terminal minyak mentah swasta terbesar di AS telah menyelesaikan operasi muatan minyak mentah ke kapal tanker besar (VLCC). Supertanker ini mengekspor minyak 2 juta barel.

Sentimen lainnya pendorong harga minyak karena pelemahan dolar AS. Mata uang Yen Jepang memimpin penguatan atas dolar AS terhadap mata uang utama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.