Sukses

Kisah Veteran Perang yang Jadi Miliarder Tertua di Dunia

Pria tua yang pernah menjadi pilot pesawat pengebom Perang Dunia II ini, kini berhasil menyandang status miliarder dengan total harta US$ 1,46 miliar atau Rp 19,9 triliun.

Liputan6.com, New York - Sebagai anak imigran yang besar di era `The Great Depression`, saat perekonomian Amerika Serikat mendapatkan hantaman keras, George Joseph tak pernah membayangkan hidup bergelimang harta. Namun siapa sangka, pria tua yang pernah menjadi pilot pesawat pengebom Perang Dunia II ini, kini berhasil menyandang status miliarder dengan total harta US$ 1,46 miliar atau Rp 19,9 triliun (Rp 13.646/Dolar AS).

Melansir laman Forbes, Selasa (27/2/2018), Joseph, sang veteran tua tercatat sebagai miliarder tertua pada 2017. Dia mendulang kesuksesan besar dari perusahaan asuransi profesional yang dikembangkannya.

Joseph sendiri tak lahir dari keluarga berada. Dia merupakan putra dari seorang imigran asal Lebanon. Ayahnya bekerja dengan upah sangat kecil sebagai kuli di pertambangan batu bara. Demi mencari tambahan upah, sang ayah juga merangkap sebagai penjaga toko.

Besar dengan kehidupan finansial yang memprihatinkan, keluarganya bahkan memelihara babi dan ayam untuk mencari tambahan penghasilan.

"Keluarga saya berjuang keras dan mampu bertahan," terang Joseph

Menurutnya, salah satu cara tercepat mendapatkan uang kala itu adalah dengan bergabung dengan militer. Joseph akhirnya melamar menjadi bagian dari tentara militer AS sebelum akhirnya terjun ke dalam Perang Dunia II.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jago Matematika

Joseph terkenal sebagai pilot pesawat pengebom yang terlibat dalam 50 misi ke Afrika Selatan dan Italia. Berkat kecerdasannya di bidang matematika, Joseph didapuk sebagai navigator unt.

Karena keahliannya tersebut juga, dia berhasil melanjutkan studinya di Harvard. Joseph muda bahkan hanya butuh tiga tahun untuk menyabet gelar sarjananya. Tak lama setelah lulus, dia lantas bekerja di sebuah perusahaan asuransi. Namun itu tidak memuaskan hasratnya di bidang asuransi.

Dia lantas mendirikan sebuah perusahaan asuransi bernama Mercury General yang berkembang dengan pendapatan mencapai US$ 1,7 miliar per tahun. Kini, di usianya yang ke-96 tahun, Joseph berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu orang terkaya dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Veteran