Sukses

Borong Barang Lelang Pejabat, 2 Orang Ini Total Habiskan Rp 100 Juta

James Johannes merupakan peserta yang paling aktif mengajukan penawaran atas barang-barang koleksi milik pejabat negara.

Liputan6.com, Jakarta Lelang sukarela barang pribadi milik para pejabat negara mulai dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK), Iriana Jokowi, sampai menteri kabinet kerja, dan pejabat BUMN mengundang antusias dari para peserta. Ada dua peserta yang terlihat memborong barang dari acara tersebut.

Dari pantauan Liputan6.com, Rabu (28/2/2018), James Johannes dan Titin Surtini merupakan peserta yang paling aktif mengajukan penawaran atas barang-barang koleksi milik pejabat negara.

James tercatat memborong gitar akustik koleksi Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dengan harga Rp 20 juta dari nilai limit Rp 500 ribu dan lukisan bertemakan kehidupan pedesaan milik Menhub yang dilelang senilai Rp 18 juta dari limit Rp 5 juta.

Selanjutnya pengusaha itu juga memenangkan lelang atas koleksi pribadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno berupa batik tulis warna dasar hitam senilai Rp 10,5 juta dari harga limit Rp 500 ribu. Serta selendang hijau bermotif bunga kesayangan Iriana Jokowi seharga Rp 10 juta.

Secara total, James sudah menghabiskan uang senilai Rp 58,5 juta di acara Lelang Sukarela tersebut. Dia mengatakan, tujuan membeli barang pribadi para pejabat negara untuk koleksi pribadi. Apalagi uang hasil lelang disumbangkan untuk bidang pendidikan.

"Iya borong soalnya barangnya bagus dan untuk sosial kan. Barang ini untuk koleksi pribadi. Tujuannya memang untuk sosial," kata James kepada wartawan di Galeri Nasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Lelang Lain

Sementara itu, Notaris dan Pejabat Lelang II DJKN Kemenkeu, Titin Surtini pun begitu bersemangat saat mengajukan penawaran setiap barang pribadi pejabat negara. Apalagi saat lelang selendang batik milik Iriana Jokowi.

Titin tercatat memenangkan kaligrafi milik Direktur Utama PT BTN Tbk, Maryono dengan harga Rp 8 juta. Kemudian baju batik tulis lengan panjang motif bunga senilai Rp 10 juta dari limit Rp 5 juta. Serta selendang batik kesayangan Iriana Jokowi sebesar Rp 19,05 juta.

Totalnya, Titin sudah merogoh kocek sebesar Rp 37,05 juta. "Ini kan tujuannya mulia mau bantu masyarakat, untuk kegiatan sosial. Jadi bagus lah," ujar Titin.

Titin mengungkapkan alasannya tertarik membeli baju batik tulis Sri Mulyani dan selendang Iriana Jokowi.

"Saya terinspirasi kecemerlangan Ibu Sri Mulyani. Saya ingin mendapatkannya (baju) karena ini juga hasilnya disumbangkan untuk pendidikan. Harga ini tidak ternilai karena tidak semua orang mendapatkannya," jelas dia.

Menariknya lagi Titin sangat senang bisa memperoleh selendang batik kesayangan Iriana Jokowi. "Iriana kan istri dari Presiden ke-7, saya anak ke-7," ujarnya.

Dia mengaku bangga bisa memiliki koleksi barang Sri Mulyani dan Iriana Jokowi. Titin berencana akan menggunakan baju batik dan selendang batik tersebut.

"Saya akan pakai baju milik Bu Sri Mulyani. Kalau tidak muat, saya akan besarkan (ukurannya). Begitupula dengan selendang batik bu Iriana, suatu saat saya akan pakai. Saya bangga punya koleksi barang beliau," paparnya.

Menurutnya, setiap barang yang dilelang secara resmi oleh pemerintah akan ada risalah lelang. Semacam sertifikat atau akta otentik.

"Jadi barang itu bisa buat investasi juga. Harganya bisa lebih tinggi suatu saat nanti sesuai permintaan saya," pungkas Titin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.