Sukses

Agar Bisnis Sukses, Cari Tahu Penilaian dari Pelanggan Lewat Cara Ini

Dengan adanya penilaian pelanggan, perusahaan menjadi tahu tingkat kepuasan pelanggan selama ini. Untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan, lakukan cara-cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan bisnis tidak akan sempurna jika tidak ada masukan dari pelanggan. Hal ini tentu sangat wajar karena pelanggan merupakan kunci utama untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Tanpa pelanggan, perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena tidak ada seorang pun yang membeli barang yang diproduksi perusahaan tersebut.

Agar bisnis yang dimiliki dapat berkembang pesat, seorang pebisnis perlu mengetahui sejauh mana bisnis tersebut mampu melayani para pelanggan. Dengan adanya penilaian pelanggan, perusahaan menjadi tahu tingkat kepuasan pelanggan selama ini.

Untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan, lakukan cara-cara berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lakukan Survei di Tempat

Banyak pusat perbelajaan yang melakukan survei di tempat untuk mengetahui penilaian dari pelanggan. Caranya dengan memanfaatkan monitor kecil.

Usai berbelanja, pelanggan wajib mengklik gambar ataupun emotikon yang tersedia di layar monitor. Gambar atau emotikon tersebutlah yang mewakili perasaan pelanggan selama berbelanja.

Perusahaan dapat mengumpulkan penilaian ini setiap hari untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan mengalami peningkatan atau penurunan. Apabila perusahaan mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan, perusahaan dapat segera berbenah diri. (Baca Juga: SPT Masa Nihil Tidak Wajib Lapor, Bagaimana Bisa?)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kirim Konten Melalui E-mail

Metode ini banyak dimanfaatkan online shop yang ada di Indonesia. Usai barang tersebut sampai di tangan pelanggan, perusahaan akan mengirimkan konten ke e-mail. Konten tersebut biasanya berisi tentang pelayanan, kesesuaian barang yang dibeli, dan mutu dari barang tersebut.

Pengiriman konten melalui e-mail dapat dilakukan beberapa hari setelah barang tersebut sampai di tangan konsumen. Hindari untuk meminta penilaian saat barang belum sampai karena sikap ini tidak sopan dan dapat merusak citra bisnis.

3. Manfaatkan Fitur Live Chat

Seperti yang kita tahu, fitur live chat disediakan untuk membangun relasi yang baik dengan para pelanggan. Pebisnis online berskala besar biasanya memanfaatkan fitur live chat seperti ini untuk semakin dekat dengan pelanggan. Fitur ini juga membantu menjawab semua pertanyaan pelanggan mengenai suatu barang yang dijual perusahaan.

Fitur live chat sangatlah efisien dibandingkan fitur lainnya. Akan tetapi, perusahaan harus sigap untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan. Apabila perusahaan membiarkan pelanggan terlalu lama menunggu, yang ada penilaian yang diberikan tidak sesuai dengan harapan.

3 dari 4 halaman

4. Penilaian Lewat Media Sosial

Pebisnis online biasanya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang dagangannya. Selain itu, para pebisnis juga bisa memanfaatkan media sosial berbasis situs ataupun aplikasi untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan. Adanya media sosial membuat pelanggan semakin luwes untuk berkometar terkait pelayanan yang diberikan perusahaan.

Baik buruknya penilaian yang diberikan pelanggan akan terpampang nyata di media sosial tersebut. Jika perusahaan mendapatkan penilaian yang buruk, citra perusahaan akan buruk di mata konsumen. Karena itu, perlakukan pelanggan sebaik mungkin. Tidak hanya dari segi pelayanan saja, tapi dari segi kualitas produk yang dipasarkan.

5. Sediakan Kotak Komentar

Tersedianya kotak komentar membantu pelanggan untuk mengungkapkan isi hatinya terkait pelayanan dan kualitas produk yang dijual.

Kotak komentar dapat diisi kapan saja dan di mana saja. Kotak komentar memiliki keunikan di mana setiap pelanggan boleh berkomentar sebanyak apa pun yang ia inginkan.

Pembeli lain dapat mengakses seluruh komentar dari para pelanggan hanya dengan scroll up ataupun scroll down yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli suatu barang.

4 dari 4 halaman

6. Sediakan Platform Khusus Penilaian

Platform khusus yang dimaksudkan dapat berupa blog khusus yang isinya hanya diperuntukkan untuk membahas tentang penilaian dari pelanggan. Setiap penilaian yang diberikan pelanggan dapat diinput langsung ke dalam blog untuk memastikan kualitas dari perusahaan di mata para pelanggan.

Adanya blog khusus terkait penilaian membuat bisnis tertata rapi. Sebab tanggapan pelanggan dimuat secara menyeluruh dalam satu platform saja.

Kepuasan Pelanggan Nomor Satu

Sukses tidaknya bisnis nantinya tergantung dari pelanggan. Perlakukan pelanggan secara spesial, berikan pelayanan yang memuaskan dan jaga kualitas barang agar pelanggan tersebut tidak berpindah ke lain hati. Ingat, pelanggan itu nomor satu. Jangan pernah mengecewakan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.