Sukses

Top 3: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia 2018

Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia. Siapa yang berada di puncak?

Liputan6.com, Jakarta - Majalah bisnis asal Amerika Serikat (AS), Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia untuk 2018. Ada perubahan posisi di peringkat 10 besar deretan miliarder tersebut.

Jawaranya adalah Bos Amazon, Jeff Bezos dengan total kekayaan US$ 100 miliar. Bezos masih bertahan di posisi puncak setelah menyalip kekayaan Bill Gates pada 2017.

Berita jajaran orang terkaya dunia yang dikeluarkan Forbes menarik para pembaca Liputan6.com di Kanal Bisnis. Berikut artikel populer yang dirangkum Kamis (8/3/2018):

1. Daftar 10 Orang Terkaya Dunia 2018, Siapa Jawaranya?

Total, Forbes mengidentifikasi ada sebanyak 2.208 miliarder yang berasal dari 72 negara dan wilayah. Mereka semua memiliki dan mengendalikan harta sebesar US$ 9,1 triliun.

Jumlah miliarder terkaya ini pun meningkat dibanding 2017. Sebelumnya, jumlah total miliarder dunia hanya ada 2.043 orang.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Generasi Milenial Serbu Prangko Dilan

PT Pos Indonesia (Persero) mengenalkan prangko terbaru dengan desain Dilan 1990 pada Selasa, 6 Maret 2018. Pencetakan prangko Dilan 1990 sekaligus mengenalkan kepada generasi milenial mengenai arti penting prangko

Manajer Komunikasi PT Pos Indonesia (Persero) Tita Puspitasari mengatakan selama ini prangko kurang dikenal di kalangan anak muda. Oleh karena itu, ini menjadi momen untuk Pos Indonesia dalam mendekatkan diri ke generasi muda.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Buruan Kirim CV, Anak Usaha PT KAI Buka Lowongan Kerja buat Lulusan SMK

Bagi Anda lulusan SMK, terutama Jurusan Tata Boga, yang sedang cari kerja, yuk segera melamar pekerjaan ke anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Karena pasalnya, PT Reska Multi Usaha atau disebut Reska sedang membuka lowongan kerja untuk lulusan SMK Tata Boga.

Anak perusahaan PT KAI yang berdiri pada tahun 2003 ini membuka kesempatan bagi Anda yang Young, Fresh, and Cheerful untuk bergabung sebagai Koki. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 11 Maret 2018.

Berita selengkapnya baca di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Orang Terkaya RI: Peringkat Utang Naik, Investasi Kian Moncer

Dua orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2017 mengapresiasi kenaikan peringkat utang Indonesia oleh Fitch dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil. Dengan capaian tersebut, diyakini ekspansi maupun investasi di Tanah Air semakin menggeliat tak terpengaruh kondisi tahun politik.

Pendiri GarudaFood Group, Sudhamek AWS menilai kenaikan rating utang Indonesia akan berdampak besar bagi pelaku usaha. "Cost of borrowing (biaya peminjaman) menjadi turun, itu pengaruhnya besar sekali," kata dia saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Dalam majalah Forbes 2017, Sudhamek merupakan satu dari 50 orang terkaya di Indonesia urutan ke-38. Nilai kekayaannya mencapai US$ 810 juta atau sekitar Rp 10,94 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar AS) itu.

Dengan kenaikan peringkat utang Indonesia, Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) itu mengatakan, kepercayaan investor terhadap Indonesia akan semakin meningkat. Kegiatan penanaman modal atau investasi, terutama dari asing diharapkan Sudhamek dapat tumbuh lebih tinggi, selain Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"PMDN kan tahun ini lebih banyak. Nah dengan capaian ini, kepercayaan investor makin meningkat dan menumbuhkan investasi asing (PMA) ke Indonesia," terangnya.

Sudhamek menegaskan, pelaku usaha di Indonesia tidak melihat dan menunggu (wait and see) akibat tahun politik. Dengan kata lain, ekspansi maupun investasi perusahaan di 2018 diperkirakan akan tetap berjalan.

"Tidak lah, pengusaha tidak wait and see. Mereka (pengusaha) mengatakan begitu untuk menyampaikan keluhan saja, tapi mereka tahu bisnis tidak bisa dihentikan, tidak mungkin wait and see. Kecuali total investasi baru di tempat-tempat tertentu, tapi secara umum tidak, apalagi Garuda Food," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Bos Adaro: Kenaikan Peringkat Kabar Baik buat RI

Di tempat yang sama, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir menilai, kenaikan peringkat utang dari Fitch merupakan kabar yang menggembirakan bagi Indonesia, terutama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan tim ekonomi, seperti Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

"Ini pengakuan dunia peringkat kita naik lagi. Kepercayaan masyarakat internasional ke Indonesia sangat, sangat baik," paparnya.

Menurut Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini, investasi asing yang masuk ke Indonesia saat ini sudah cukup banyak. Ditambah dengan capaian tersebut, akan semakin meningkatkan kepercayaan investor menanamkan modalnya di Indonesia. Selain itu, pinjam uang di perbankan menjadi lebih murah.

"Saya bicara dengan partner Jepang saya, keinginan mereka untuk investasi di Indonesia sangat tinggi. Kalau rating baru keluar hari ini, impact-nya mungkin tahun depan, tapi sekarang saja investasi asing yang masuk cukup banyak," jelas dia.

Boy Thohir yang menggenggam kekayaan senilai US$ 1,41 miliar atau sekitar Rp 19,04 triliun ini mengaku para pengusaha tidak wait and see di tahun politik.

"Kenapa saya bilang demikian? Karena di tahun politik biasanya ada tambahan revenue dari kegiatan politik yang biasanya di tahun-tahun non politik tidak ada kegiatan ekonomi politik. Jadi mereka tetap ekspansi dan investasi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini