Sukses

Dorong Ekonomi, Menko Puan Ingin Sektor Pertanian Diperkuat

39 juta tenaga kerja atau 32 persen dari penduduk Indonesia terserap oleh sektor pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani ingin memperkuat sektor pertanian. Alasannya, sektor pertanian sangat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Puan mengatakan, cara untuk memperkuat sektor pertanian dengan meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia, memperbarui teknologi pengelolaan, memperbesar pasar dan mengembangkan industri hilir.

"Penguatan dalam sektor pertanian membutuhkan intervensi," kata Puan, saat menghadiri Jakarta Food Security, ‎di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (9/3/2018).

Sektor pertanian dianggap sangat strategis karena memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap porsi Produk Domesti Bruto (PDB).

Saat ini kontribusi sektor pertanian terhadap PDB mencapai 13 persen, menempati urutan ke tiga dari sembilan sektor yang ada.

Selain itu sektor pertanian juga menyumbang 3,4 persen dari pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi sektor pertanian rata-rata mencapai 3,4 persen, data tersebut memperlihatkan pertanian merupakan sektor penting dan strategis bagi Indonesia,"‎ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyerapan Tenaga Kerja

Puan melanjutkan, 39 juta tenaga kerja atau 32 persen dari penduduk Indonesia terserap oleh sektor pertanian, yang terdiri dari petani tanaman makanan, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan.

Kondisi tersebut menunjukan betapa pentingnya meningkatkan kualitas sektor pertanian Indonesia.

"Dan kami masih perlu upaya-upaya meningkatkan kualitasnya‎," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.