Sukses

Kendala RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat di Dunia

Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo menegaskan, Indonesia dapat mengurangi kesenjangan dengan kerja keras, keadilan sosial dan pertumbuhan ekonomi terjaga.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo menegaskan ekonomi Indonesia terus bertumbuh.

Meski demikian, Indonesia masih punya pekerjaan rumah untuk benahi kesenjangan.Menurut Eko, hasil survei Pricewaterhouse Coopers (PwC) menyebutkan, Indonesia akan menjadi negara keempat dengan kekuatan ekonomi terbesar pada 2050.

"Tahun 2050 GDP (gross domestic product) kita diperkirakan US$ 6,5 triliun. Nomor 4 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar. Setelah China, Amerika dan India," ujar dia, di Jakarta, Sabtu (10/3/2018).

Sementara itu, mengutip hasil survei yang sama, Eko mengatakan Indonesia akan duduk sebagai negara ke sembilan dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2030. Dengan perkiraan GDP mencapai US$ 3,5 triliun.

"Kalau kita mau kerja keras, kalau kita bisa mengurangi kesenjangan. Keadilan sosial terjaga, pertumbuhan ekonomi bisa kita jaga. Tahun 2030 GDP kita US$ 3,5 triliun menempatkan Indonesia pada posisi negara dengan kekuatan ekonomi ke sembilan," kata dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Meskipun demikian, dia mengatakan untuk mencapai prestasi itu, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Kita masih punya kemiskinan 27 juta orang. Kita masih punya, 27 persen dari balita kita berpotensi stunting. Gini ratio kita 0,39. Kalau ini tidak dapat kita tangani bersama, kesenjangan ini tidak bisa kita tangani, maka cita Indonesia menjadi negara terkuat keempat mungkin tidak akan terwujud," ujar dia.

Eko memandang saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia baik. Indonesia, kata dia bahkan mampu menjadi bagian dari 16 negara dengan GDP di atas US$ 1 triliun. "GDP kita di atas US$ 1 triliun dan di dunia hanya ada 16 negara dengan GDP di atas US$ 1 triliun," kata Eko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.