Sukses

Ingin Ajukan Kartu Kredit? Kenali Dulu Syarat Umum Ini

Sebelum mengajukan kartu kredit, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui syarat membuat kartu kredit dan melengkapi berkasnya. Berikut uraiannya

Liputan6.com, Jakarta - Mau apply kartu kredit online? Anda bisa memilih situs bank secara langsung atau memanfaatkan situs fitur perbandingan dan pengajuan. Mencari kartu kredit terbaik secara online? Di era digital sekarang sebenarnya sangat mudah. Anda cukup menggerakkan jari dan ajukan secara online.

Namun sebelum Anda apply kartu kredit online, hal terpenting ialah mengenali dulu kebutuhanmu. Apakah kebutuhanmu saat ini untuk bertransaksi perjalanan (travel), dining, atau belanja bulanan? Tentu Anda perlu memilih kartu kredit yang memiliki fasilitas yang sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dengan tepat, Anda bahkan bisa menghemat. Dengan diskon saat belanja, Anda bisa menghemat hingga Rp 15 juta selama setahun. Sebaliknya, jika salah memilih, Anda bisa mengalami kerugian sebesar itu.

Jadi, untuk apply kartu kredit online, Anda harus mengenali fitur utama kartu kredit tersebut. Sesuaikan kebutuhanmu dengan fitur kartu kredit tersebut. Jika kebutuhanmu ialah belanja bulanan, misalnya, sebaiknya memilih kartu kredit co branding dengan supermarket atau hypermarket.

Atau, jika kebiasaanmu melakukan perjalanan (travel), Anda perlu memilih kartu kredit travel yang memiliki fasilitas airmiles, yaitu poin untuk ditukar menjadi tiket atau biaya hotel gratis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Syarat Umum

Sebelum mengajukan kartu kredit, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui syarat membuat kartu kredit dan melengkapi berkasnya.

Berikut syarat umum yang harus Anda lengkapi, seperti dikutip situs HaloMoney.co.id dari berbagai situs bank:

1. Identitas asli

Syarat membuat kartu kredit pertama adalah identitas asli. Menggunakan informasi dan identitas orang lain dalam mengajukan kartu kredit adalah tindak kejahatan. Hal ini dapat mengakibatkan Anda berurusan dengan aparat penegak hukum. Untuk membuktikan identitas, Anda bisa menggunakan KTP/SIM/Paspor.

Jika KTP elektronik Anda belum jadi, cukup memakai surat keterangan dari kelurahan berkop surat dinas kependudukan setempat yang menerangkan KTP elektronik Anda belum tersedia.

2. Fotocopy KTP

Jangan lupa untuk memfotocopy KTP sebelum mengajukan kartu kredit di Bank. Ini merupakan syarat membuat kartu kredit yang perlu Anda lengkapi.

3 dari 5 halaman

3. Syarat usia

Berapa sih syarat usia mengajukan kartu kredit? Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp 3 juta per bulan. Syarat usia tersebut untuk pemohon kartu kredit utama. Untuk kartu kredit tambahan, usia minimal 17 tahun. Dan usia maksimal kartu kredit utama maupun tambahan 65 tahun.

4. Fotocopy penghasilan

Nah, buat Anda yang sudah bekerja, fotocopy bukti penghasilan atau slip gaji juga penting. Ini karena akan menjadi salah satu berkas syarat membuat kartu kredit.

5. Fotocopy NPWP

Selain fotocopy penghasilan, Anda juga harus menyertakan fotocopy NPWP untuk menunjukkan Anda sebagai warga yang telah tercatat di sistem perpajakan nasional.

4 dari 5 halaman

6. Fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir

Banyak Bank yang mensyaratkan fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir, jadi pastikan Anda sudah memfotocopy sebelum mengajukan, ya. Namun, ada juga bank yang tidak mensyaratkan dokumen ini.

7. Tagihan kartu kredit

Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, Anda harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir. Ingat ya, maksimal kartu kredit yang bisa dimiliki maksimal dua kartu kredit dari dua bank berbeda.

 

5 dari 5 halaman

Cara Apply Kartu Kredit Online

Apply kartu kredit online bisa Anda lakukan di situs bank langsung, maupun di situs pihak ketiga seperti HaloMoney.co.id. Buka situs bank penerbit kartu kredit atau situs pihak ketiga yang Anda percayai.

Ada kelebihan dan kekurangan apply kartu kredit online di situs bank yang perlu Anda ketahui. Kelebihannya Anda bisa langsung apply ke bank penerbit sehingga aplikasimu langsung ditangani bank. Kekurangannya, Anda tidak bisa membandingkan kartu kredit yang Anda ajukan dari berbagai sisi dengan bank lain.

Jika Anda apply kartu kredit online di situs perbandingan seperti HaloMoney.co.id Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan kartu kredit tersebut. Anda bisa melihat dari sisi cashback dan point airmiles. Apakah pointnya cukup mahal atau murah, dan pertimbangan lainnya.

Sekadar informasi, cara apply kartu kredit online di situs HaloMoney.co.id cuma membutuhkan waktu tak sampai 3 menit. Kamu cukup mengisi pertanyaan tentang nama bank yang biasa Anda gunakan, wilayah tempat tinggal, nomor handphone yang bisa dihubungi untuk kelengkapan data. Selebihnya pengajuanmu akan diurus oleh staf di situs perbandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini