Sukses

Konsultasi Properti: Menikah atau Beli Rumah, Mana Lebih Dulu?

Lebih baik memaksakan untuk membeli rumah sendiri dahulu (paling tidak DP dulu) baru menikah atau menikah dahulu baru membeli rumah?

Liputan6.com, Jakarta - Kepada Yth Liputan6.com

Perkenalkan nama saya Sari

Saat ini saya memasuki usia 22, ada rencana ingin serius dengan pasangan. Namun, pasangan saat ini masih belum memiliki rumah sendiri karena harga rumah saat ini semakin mahal, sekalinya ada hanya ada di luar Jakarta dan masih jauh dari akses mana saja.

Pertanyaan saya, lebih baik memaksakan untuk membeli rumah sendiri dahulu (paling tidak DP dulu) baru menikah atau menikah dahulu baru membeli rumah?

Terima kasih atas solusinya.

Email: sarixxxxx@gmail.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JAWABAN

Hi Mbak Sari,

Sebaiknya urusan 'apakah akan menikah dulu atau beli rumah dulu' tidak menjadi permasalahan yang dibenturkan. Jika sudah siap untuk menikah, maka artinya ada double income yang bisa digunakan untuk mencicil rumah.

Namun jika keduanya sepakat untuk membeli rumah terlebih dulu, maka ada hal yang harus dikorbankan mungkin dari segi konsep pernikahannya tidak perlu terlalu mewah.

Saat ini ada banyak pilihan rumah di luar Jakarta yang lokasinya memang jauh, tapi punya akses transportasi bagus. Misal dekat stasiun kereta, LRT, atau ada rute Transjabodetabek.

Kondisi seperti ini yang seharusnya jadi fokus utama dalam mencari rumah.

Terima kasih

 

Tim Rumah.com

Facebook: Rumah.com -- Instagram: @rumahcom -- Youtube: Rumah.com -- Linkedin: Rumah.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.