Sukses

Pasokan Apartemen di Jakarta Naik 28 Persen

Suplai apartemen mengalami peningkatan sebesar 28,7 persen pada kuartal keempat 2017 dibanding kuartal keempat 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa suplai apartemen di DKI Jakarta meningkat dalam setahun terakhir.

Suplai apartemen mengalami peningkatan sebesar 28,7 persen pada kuartal keempat 2017 dibanding kuartal keempat 2016. Sedangkan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, suplai apartemen DKI Jakarta pada kuartal keempat 2017 naik sebesar 3,8 persen.

Data Rumah.com Property Index ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400 ribu listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, pengembang tak ragu lagi untuk membangun apartemen di DKI Jakarta. Mereka mengincar konsumen pekerja di Jakarta, yang mengincar hunian yang dekat dengan tempat kerja.

Menurutnya, membeli rumah di pinggiran kota memiliki konsekuensi lamanya waktu tempuh perjalanan pergi pulang ke tempat kerja. Mereka bisa menghabiskan waktu 2-4 jam perjalanan setiap harinya jika menggunakan mobil pribadi.

"Maka dari itu, yang menjadi incaran adalah apartemen di tengah kota, atau rumah tapak di pinggiran kota namun dekat dengan akses transportasi umum seperti KRL commuter line," jelas Marine dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (16/3/2018).

Mencari rumah bukanlah keputusan yang mudah diambil. Namun Rumah.com menyediakan beragam fitur yang dapat membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih percaya diri.

Salah satunya fiturnya, Project Review, memberikan ulasan mendalam mengenai ratusan properti di berbagai tempat.

"Melalui Project Review, Anda bisa mengetahui fasilitas yang ada di sekitar hunian, jarak menuju fasilitas-fasilitas umum, pintu tol, hingga stasiun KRL terdekat," pungkas Marine.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Lebih Baik Punya di Apartemen Kecil

Memiliki rumah yang besar tidak selalu baik. Sementara ada orang yang berpikir bahwa tinggal di rumah atau apartemen kecil memiliki sejumlah kerugian. Dilansir dari Popsugar pada Selasa (6/3/2018), ternyata memiliki apartemen kecil justru mendatangkan banyak keuntungan.

Di mana Anda akan mengalami penghematan uang karena ruang yang kecil lebih mudah didekorasi yang membuat ruang klasik menjadi tempat tinggal yang bergaya dan praktis. Selain itu, terdapat delapan alasan lainnya yang membuat Anda lebih baik tinggal di apartemen kecil daripada di rumah besar.

1. Lebih selektif dengan perabotan

Selektif terhadap perabotan sebenarnya menjadi cara yang baik untuk membantu mengasah tampilan yang tempat bagi ruang di apartemen. Anda pun juga akan benar-benar mempertimbangkan aksen dekorasi apa yang cocok di apartemen Anda. Ini menjadi penghematan uang secara potensial karena mencegah Anda untuk membeli sesuatu sembarangan.

2. Lebih mudah merawat dan membersihkan

Salah satu memiliki tempat tinggal yang kecil adalah memungkinkan Anda untuk tidak selalu membersihkannya. Lagipula, membersihkan ruang yang kecil lebih mudah daripada ruangan yang besar. Sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.

3 dari 4 halaman

3. Lebih mudah memperbaharui gaya ruangan

Memiliki rumah kecil kemungkinan besar akan memiliki barang yang lebih sedikit. Ini akan membuat Anda lebih mudah mengatur ulang ruangan. Anda bisa mengganti sarung bantal, karpet, dan aksen lainnya dengan lebih mudah.

4. Anda lebih kreatif dalam membuat penyimpanan

Bertempat tinggal di ruangan yang kecil memungkinkan Anda untuk memaksimalkan ruangan dengan kreativitas. Anda akan sering bermain dengan dekorasi yang efektif sehingga ruangan Anda menjadi tidak biasa.

5. Tidak ada ruang mati

Di sebuah rumah besar kemungkinan ada sebagian kamar yang tidak terpakai. Sedangkan memiliki ruangan kecil akan membuat semua ruangan memiliki fungsi. Bahkan hingga sudut terakhir di rumah Anda. 

4 dari 4 halaman

6. Lebih realistis terhadap apa yang Anda butuhkan

Dengan tinggal di apartemen kecil, mendatangkan pilihan penyimpanan yang terbatas. Anda bisa memilah lebih cerdas barang apa saja yang benar-benar Anda butuhkan di apartemen. Sedangkan jika di rumah besar, Anda merasa butuh semua orang untuk mengisi ruangan padahal belum tentu Anda membutuhkannya.

7. Lebih mudah menciptakan estetika untuk seluruh rumah

Tidak selalu mudah menentukan dekorasi yang mengandung estetika di lorong dan serambi besar. Tinggal di apartemen kecil membuat Anda lebih mudah mengatur gaya tertentu di seluruh rumah. Anda bisa memanfaatkan seluruh bagian dari rumah Anda dengan nilai estetika.

8. Membuat Anda eksplorasi dekorasi yang menarik

Memiliki ruangan kecil akan mudah diaplikasikan dengan tips dekorasi yang unik. Anda bisa menciptakan rumah dengan nuansa handmade sehingga Anda merasa nyaman berada di dalamnya. Ini akan menjadi tantangan yang baik bagi Anda untuk mengeksplorasi pilihan dekorasi yang lebih menarik.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini